8 Hal ini yang Anda butuhkan untuk menjadi “Corporate Superstar”

Jobstreet tim kontendiperbarui pada 30 June, 2022
Share

Berlawanan dengan keyakinan yang popular, tidak ada hal yang sukses dalam semalam. Steve Jobses dan Richard Bransons tidak menyulap segala sesuatunya dalam sekejap mata. Mereka menghabiskan puluhan tahun untuk mengasah keterampilan bisnis dan kepemimpinan mereka. Mereka membuat banyak kesalahan yang tak terhitung dalam perjalanan mereka dan belajar dari kesalahan tersebut.

Kesuksesan seringkali merupakan sebuah kombinasi dari kerja keras, kegigihan, dan sikap yang benar dalam kehidupan. Dunia ini memerlukan kontribusi kita dengan caranya masing masing, untuk meratakan jalan menuju evolusi ide yang berkelanjutan.Semua orang mampu untuk mencapai kesuksesan; hal ini hanya masalah mengolah kualitas dan pola pikir yang tepat untuk menjadi yang terbaik yang kita bisa.

Jika Anda mencari inspirasi untuk meningkatkan cara bekerja Anda, berikut adalah delapan (8) tips teratas untuk melancarkan potensi “ naluri bintang” Anda yang terpendam.

1. Gairah: Cintai yang Anda lakukan

“Jalan satu-satunya untuk melakukan pekerjaan hebat adalah dengan mencintai apa yang Anda lakukan. Jika Anda belum menemukannya, teruslah mencari. Jangan diam saja. Karena dengan bantuan hati Anda, Anda akan tahu ketika Anda menemukannya.” - Steve Jobs

Hal ini mungkin terdengan klise, akan tetapi hal ini seringkali diabaikan ketika kita terjebak dalam rutinitas harian kita di tempat kerja. Jika kita tidak mencintai apa yang kita lakukan, kemungkinannya adalah kita tidak akan tampil baik secara optimal. Apakah Anda pernah menyadari betapa baiknya Anda ketika Anda mengerjakan proyek yang benar-benar Anda nikmati dan Anda kuasai?

Carilah kesempatan untuk mengerjakan hal yang menginspirasi Anda. Hal ini akan lebih baik untuk peningkatan pribadi Anda dan lebih baik untuk perusahaan juga.

2. Inisiatif: Wujudkan mimpi Anda

"Saya tidak pernah berrpikir tentang mimpi. Saya mewujudkannya." - Estee Lauder

Sangatlah penting untuk mempunyai mimpi; inilah caranya kita maju. Akan tetapi, mimpi tidak akan mengarah pada apapun jika kita tidak berusaha untuk mewujudkannya. Hal ini akan menakutkan, akan tetapi cara satu-satunya untuk sampai kesana adalah untuk mengusahakannya dari waktu ke waktu. Sebagaimana dikatakan oleh Walt Disney,"Cara untuk memulai adalah dengan berhenti bicara dan mulai melakukan.”

Berbicara pada atasan Anda tentang mengambil tanggung jawab lebih dalam pekerjaan Anda. Temukan kesempatan mendapatkan promosi dan mengusahakannya.Hanya Anda yang bisa mengubah mimpi Anda jadi kenyataan.

3. Fokus: Tetaplah tenang dan jalan terus

“Membutuhkan 20 tahun untuk membangun sebuah reputasi dan lima menit saja untuk menghancurkannya. Jika Anda berpikir tentang hal tersebut, Anda akan melakukan hal-hal yang berbeda.” - Warren Buffett

Aturan yang sama berlaku baik ketika Anda mengatur suatu merek bisnis atau milik Anda pribadi. Akan sulit untuk tetap tenang ketika kita berada dibawah tekanan, momen-momen tersebut yang menentukan reputasi kita. Demikian juga, ketika kita membuat keputusan kerja atau menghadapi klien,penting untuk diingat bahwa apapun yang Anda katakan dan lakukan akan mempengaruhi imej Anda dan perusahaan Anda dalam berbagai cara.

4. Kegigihan: Izinkan diri Anda untuk berbuat kesalahan

“Anda tidak belajar berjalan dengan mengikuti aturan. Anda belajar sambil melakukan, dan jatuh.” - Richard Branson

Tidak ada seorangpun suka berbuat kesalahan. Akan tetapi, berbuat kesalahan adalah satu-satunya cara untuk benar-benar belajar. Nasehat dan buku tentang menolong diri sendiri hanya bisa memberikan kita panduan teori saja. Semakin banyak kesalahan yang kita buat, semakin cepat kita akan belajar.Izinkan diri Anda untuk mencoba pendekatan yang berbeda-beda di tempat kerja.Mungkin saja tidak semuau pendekatan tersebut berhasil. Akan tetapi, begitulah cara Anda membuat penemuan. Tidak ada yang sebaik pengalaman dalam hal membantu kita untuk tumbuh.

5. Kesederhanaan: Jangan memperumit masalah

“Hal itu telah menjadi salah satu mantra saya – fokus dan kesederhanaan. Sederhana dapat menjadi lebih sulit daripada kompleks; Anda harus bekerja keras untuk membersihkan pikiran Anda untuk membuatnya sederhana.” - Steve Jobs

Hal yang mudah untuk terganggu dengan segala kebisingan di tempat kerja Anda. Politik, drama, birokrasi — hal-hal inilah yang cenderung menghalangi kita dari prioritas-prioritas kita. Akan tetapi jika Anda ingin satu mantra, kami akan menyarankan kesederhanaan. Untuk menghilangkan sebuah masalah dari kerumitan dan lapisan-lapisannya dan menggali kata “kenapa”— cukup menjadi tantangan.

Akan tetapi jika Anda bisa melakukan hal tersebut, Anda akan mampu untuk mengidentifikasi solusi yang paling efektif untuk masalah tersebut.Anda akan menemukan bahwahal-hal berjalan dengan jauh lebih mulus ketika Anda tetap berada pada inti dan fokus pada hal-hal yang paling penting.

6. Keberanian: Raihlah tantangan yang ada

"Semua kemajuan berada di luar zona nyaman." Michael John Bobak

Hal ini tidak dapat terelakkan. Akan tetapi jika kita ingin dipercaya dengan pekerjaan yang lebih banyak dan jika kita ingin membuat skala urutan perusahaan, kita harus mengambil resiko di luar zona nyaman kita.Hanya dengan mendorong batas kemampuan kita, kita akan dapat tumbuh dan menjadi versi terbaik dari diri kita sendiri.

7. Objektifitas: Tetap terbuka akan kritik-kritik yang membangun

“Hanya akan ada satu cara untuk menghindari kritikan: tidak melakukan apapun, tidak mengatakan apapun, dan tidak menjadi apapun.” - Aristotle

Seringkali terjadi bahwa orang yang paling sukses adalah orang-orang yang paling tertarik dengan kritikan. Jadi jika Anda dikritik terus menerus, hal tersebut mungkin berarti Anda sedang melakukan hal yang benar, atau bahwa Anda melakukan hal yang benar-benar salah.

Dengan kata lain, sangatlah penting untuk tetap terbuka akan kritik.Evaluasilah manfaat dari tiap kritikan tersebut dan jujurlah pada diri Anda sendiri.Either way, it’s important to stay open to criticisms.Evaluate the merits of each and be honest with yourself.Lamarlah pekerjaan dengan kebijaksanaan, akan tetapi tetaplah professional setiap saat. Bagaimanapun juga, siapapun berhak mempunyai pendapat sendiri.

8. Bersimpatik: Buatlah sebuah perbedaan

“Jika Anda pikir Anda terlalu kecil untuk berpengaruh, cobalah tidur dengan seekor nyamuk.” - Anita Roddick

Diantara semua hal, bersimpatik merupakan suatu kualitas yang membuat seseorang menjadi seorang pemimpin yang benar-benar menginspirasi. Tidak ada yang lebih disukai daripada keinginan yang tulus untuk membantu orang lain. Hal ini mungkin sesuatu yang kecil seperti membantu rekan kerja menyelesaikan masalah berkaitan dengan masalah pekerjaan. Atau mungkin saja sesuatu dalam skala yang lebih besar, seperti mengusulkan inisiatif pemasaran yang menguntungkan badan amal setempat dan mempelopori proyek tersebut.

Terdapat seribu satu jalan untuk Anda berkontribusi di tempat kerja Anda. Bagian terbaiknya adalahrekan dan atasan Anda akan lebih menghormati Anda dikarenakan hal tersebut.

More from this category: Kesejahteraan di tempat kerja

Telusuri istilah pencarian teratas

Tahukah Anda bahwa banyak kandidat yang menyiapkan resume dan meneliti suatu industri dengan menjelajahi istilah pencarian teratas?

Berlangganan Panduan Karir

Dapatkan saran karier dari ahli yang dikirimkan ke kotak masuk Anda.
Anda dapat membatalkan email kapan saja. Dengan mengklik 'berlangganan', Anda menyetujui Pernyataan Privasi Jobstreet.