7 Tips Perencanaan Cari Kerja yang Cocok Untukmu

7 Tips Perencanaan Cari Kerja yang Cocok Untukmu
Jobstreet tim kontendiperbarui pada 30 June, 2022
Share

Setelah lulus kuliah, biasanya akan mulai terlintas di pikiran "mau bekerja di mana dan sebagai apa?". Kemudian kamu pun memikirkan perencanaan karier yang kira-kira cocok denganmu. Ketika kamu sudah mulai mencari pekerjaan dan mendapatkan posisi yang kamu inginkan, pasti kamu akan mulai mempertimbangkan gaji, jenjang karier, dan lingkungan kerja seperti apa yang kamu inginkan.

Selain itu, ada hal penting yang sering dilupakan ketika mencari kerja yaitu minat dan bakat yang kamu miliki. Siapa yang tidak mau memiliki pekerjaan yang sesuai dengan minat dan bakatnya? Ketika kamu bekerja sesuai dengan minat dan bakat, kamu akan lebih bersemangat dan menikmati melalui waktu kerjamu. Berbagai tugas yang kamu kerjakan tidak akan terasa berat karena kamu menikmatinya.

Tapi gimana sih caranya mengetahui pekerjaan yang cocok untuk kita? Berikut adalah tujuh tips untuk mengetahui pekerjaan apa yang cocok untukmu!

  • Mencoba tesonline

Jika kamu merasa tidak yakin dengan minat dan bakatmu, kamu bisa memulainya dengan mencoba tes minat-bakat yang tersebar di internet. Kamu bisa mencoba tes kepribadian yang dapat mengingatkan kembali tentang sifat-sifat diri. Hasil tes kepribadian ini bisa kamu jadikan pondasi perencanaan kariermu untuk ke depan. Biasanya tes kepribadian juga menyediakan proyeksi jenjang karier yang cocok dengan kepribadian kamu.

Contohnya, jika hasil tes menyatakan bahwa kamu seorangintrovert, kamu akan disarankan pekerjaan yang tidak menuntut banyak komunikasi dengan klien sepertigraphic designer,web developer, penerjemah, dan lain-lain. Mungkin kamu menyukai rutinitas, sehingga kamu cocok bekerja di kantor. Mungkin juga kamu lebih kreatif dan ingin berkarya sehingga cocok bekerja di lapangan industri kreatif.

Selain tes kepribadian, kamu juga bisa mengikuti tes minat dan bakat. Mungkin selama ini kamu merasa tidak punya bakat karena kamu terlalu sibuk menjalani keseharian sehingga kamu tidak menyadarinya. Dengan mencari tahu minat dan bakat, kamu bisa memiliki pemahaman mengenai bakat apa yang ternyata kamu miliki selama ini. Dengan begitu, akan lebih mudah untuk mencari pekerjaan dengan kriteria yang cocok denganmu.

  • Membuat daftar pekerjaan

Setelah kamu memahami dan menilai diri kamu lewat berbagai tes yang kamu coba, buatlah daftar pekerjaan yang menarik bagimu. Pilihlah pekerjaan atau posisi yang kamu sukai atau bahkan yang telah menjadi cita-citamu sejak masih kecil. Setelah itu, buatlah daftar pekerjaan atau industri yang sesuai dengan bakat, kepribadian, dan keterampilan yang kamu kamu miliki berdasarkan tes yang telah kamu coba.

Jika kamu sudah mendapatkan kedua hasilnya, coba kamu cocokan mana pekerjaan dan industri yang muncul dalam dua daftar yang kamu buat. Kemudian coba kerucutkan lagi daftar pekerjaan tersebut sesuai minat yang ingin kamu tekuni. Dengan begitu, akan mudah membuat perencanaan kariermu lebih matang lagi kedepannya.

  • Menganalisis pengalaman

Renungkan pengalaman-pengalaman yang sudah kamu dapatkan seperti saat sekolah, kuliah, magang, kerja paruhwaktu,volunteer, atau ketika berorganisasi. Dari semua pengalaman yang telah kamu lewati, kamu pasti mendapatkan ilmu atau keahlian baru dalam prosesnya.

Dari sekian banyak ilmu dan keahlian yang kamu dapatkan, pilihlah ilmu atau keahlian yang kamu senangi dan bernilai bagimu. Setelah itu, mulailah mencari informasi rinci tentang keahlian tersebut. Kemudian, kamu bisa melakukan riset mengenai jenjang karier yang membutuhkan keahlianmu ini. Itulah jenjang karier yang perlu kamu pertimbangkan, mengingat kamu sudah berbekal keahlian penunjangnya.

  • Bergaul dengan komunitas yang memiliki minat sama

Kamu dapat menghabiskan waktu untuk berbincang dan membangun relasi dengan orang lain  yang sudah menggeluti bidang pekerjaan yang kamu minati. Jika ada kesempatan, kamu mungkin bisa melihat langsung temanmu tersebut saat bekerja. Ini merupakan kesempatan yang bagus untukmu, sebab setidaknya kamu bisa mengetahui dan merasakan bagaimana keseharian temanmu ketika dia sedang menjalani pekerjaannya.

Kamu juga bisa menangkap gambaran tugas dan tanggung jawab yang dia kerjakan sehari-harinya. Kamu dapat mempelajari lebih jauh pekerjaan itu dan mempertimbangakan kembali apakah perkerjaan itu benar-benar sesuai dengan minatmu.

  • Lakukan survei informal

Cari tahu tentang pekerjaan impian kamu dan berbicaralah dengan orang atau teman yang sudah berada di posisi yang kamu damba-dambakan. Apa suka-duka di posisi tersebut? Adakah potensi pengembangan minat dan bakatmu di sana? Jangan sampai menyesal karena masuk ke dalam pekerjaan yang tidak dapat menunjang pengembangam kariermu.

Selain bertanya, kamu juga bisa menggali informasi tentang pekerjaan itu lewat internet. Kemungkinan besar informasi tentang pekerjaan yang kamu inginkan bisa kamu temukan di internet. Jika kamu lebih nyaman dengan berbentuk visual, kamu bisa mencari informasi lewat platform video. Sedangkan jika kamu lebih nyaman dengan bentuk tulisan, kamu bisa mencari artikel di tips karier JobSreet.

  • Mengikuti program magang

Kamu tidak akan benar-benar memahami pekerjaan di sebuah perusahaan sampai kamu benar-benar bekerja di dalamnya. Salah satu cara untuk masuk ke dalam suatu bidang pekerjaan adalah dengan mengikuti program magang. Magang adalah gambaran pengalaman terdekat dengan dunia kerja. Jadi, jika kamu sudah pernah mengikuti magang, kamu sudah tidak asing lagi dengan lingkungan kerjanya.

Dengan mengikuti program magang setidaknya kamu merasakan langsung, walaupun hanya sedikit, pengalaman bekerja di bidang yang kamu minati. Jika setelah mencoba program magang di bidang tersebut kamu merasa tidak cocok, jangan takut! Masih banyak bidang lain yang bisa kamu coba. Yang terpenting mengikuti program magang dapat menghindarkan kamu dari miskonsepsi tentang suatu pekerjaan.

Baca juga: 6 Tips untuk Membantu Kamu Berhasil dalam Magang

  • Ruang untuk berkembang

Salah satu pertimbangan yang bisa kamu pakai ada kesempatan kamu untuk berkembang, baik dari segi karier maupun ilmu dan keahlian. Apakah dengan kamu memilih pekerjaan ini kamu akan berkembang? Atau justru pekerjaan yang kamu pilih sudah cukup dengan keahlian yang kamu miliki.

Kamu juga butuh untuk berkembang dan menjadi versi terbaik dari diri kamu sendiri karena suatu saat nanti kamu memiliki tanggung jawab yang lebih besar dan tentunya ingin memiliki jenjang hidup dan karier yang lebih baik. Apakah pekerjaan itu dapat memenuhi mimipimu? Apakah sesuai dengan rencana jangka panjangmu?

Nah, itu tadi 7 cara mengetahui pekerjaan yang cocok untuk kamu. Setelah mengetahui cara untuk mendapatkan pekerjaan yang sesuai, pastikan kamu terhindar dari drama kantor dengan mencari perusahaan yang tepat dan terpercaya, ya!

Melalui JobStreet. kamu dapat menemukan berbagai jenis pekerjaan yang kamu inginkan, dan pastinya, denganno drama!

Untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan, baikhard skillsmaupunsoft skills, kamu dapat mengikuti kursus-kursus berikut dari JobStreet. Jika kamu masih bingung, jangan khawatir! Tips karier lengkap bisa kamu temukan di sini. Jangan lupa untuk selalu memperbarui profil JobStreet-mu, dan lamarlah pekerjaan pertamamu hari ini!

Unduh aplikasi JobStreet sekarang untuk akses layanan JobStreet lainnya secara praktis melalui Google Play Store dan Apple App Store.

Di JobStreet kami selalu berupaya mengantarkan pekerjaan yang bernilai untuk Anda. Sebagai Partner Karier, kami berkomitmen membantu pencari kerja menemukan passion dan tujuan dalam setiap langkah karier. Sebagai Partner Talent nomor 1 di Asia, kami menghubungkan perusahaan dengan kandidat tepat yang dapat memberikan dampak positif dan berkualitas kepada perusahaan.

Temukan pekerjaan yang bernilai untuk Anda. Kunjungi JobStreet hari ini.

Tentang SEEK Asia

SEEK Asia, gabungan dari dua merek ternama Jobstreet dan jobsDB, adalah portal lowongan pekerjaan terkemuka dan destinasi pilihan untuk pencari dan pemberi kerja di Asia. Kehadiran SEEK Asia menjangkau 7 negara yaitu Hong Kong, Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina dan Vietnam. SEEK Asia adalah bagian dari SEEK Limited Company terdaftar di Bursa Efek Australia, portal lowongan pekerjaan terbesar di dunia berdasarkan kapitalisasi pasar. SEEK Asia dikunjungi lebih dari 400 juta kali dalam setahun.

Tentang SEEK Limited

SEEK adalah grup perusahaan yang beragam, dengan portofolio yang kuat  yang mencakup usaha lowongan pekerjaan daring, pendidikan, komersial dan relawan. SEEK hadir secara global (termasuk di Australia, Selandia Baru, Cina, Hong Kong, Asia Tenggara, Brazil dan Meksiko), yang menjangkau lebih dari 2,9 miliar orang dan sekitar 27 persen PDB global. SEEK memberikan kontribusi positif kepada orang-orang dalam skala global. SEEK terdaftar dalam Bursa Efek Australia, yang menempatkannya sebagai 100 perusahaan teratas dan telah diperingkat sebagai 20 Perusahaan Paling Inovatif oleh Forbes

More from this category: Melamar pekerjaan

Telusuri istilah pencarian teratas

Tahukah Anda bahwa banyak kandidat yang menyiapkan resume dan meneliti suatu industri dengan menjelajahi istilah pencarian teratas?

Jelajahi topik terkait

Pilih bidang minat untuk menelusuri karier terkait.

Berlangganan Panduan Karir

Dapatkan saran karier dari ahli yang dikirimkan ke kotak masuk Anda.
Anda dapat membatalkan email kapan saja. Dengan mengklik 'berlangganan', Anda menyetujui Pernyataan Privasi Jobstreet.