7 Tips Pengembangan Karier yang Perlu Diketahui Sebelum Terjun ke Dunia IT

7 Tips Pengembangan Karier yang Perlu Diketahui Sebelum Terjun ke Dunia IT
Jobstreet tim kontendiperbarui pada 30 June, 2022
Share

Pengembangan karier merupakan sesuatu yang penting untuk diperhatikan oleh siapa pun, termasuk kamu yang terjun di dunia teknologi informasi atau biasa disebut sebagai IT(information technology).Seperti yang kita ketahui, IT adalah pekerjaan yang mengharuskan kamu terus-menerus meningkatkan kemampuanmu. Beberapa orang ada yang justru mempertanyakan kualifikasi dan kemampuan dirinya sendiri karena keterbatasan bahasaprogrammingyang mereka ketahui. Masalah-masalah seperti ini perlu kamu identifikasi dan pahami agar bisa memasuki jenjang karier IT dan sukses di dalamnya.

Nah, oleh karena itu, kamu perlu memahami karier di bidang IT dan membaca berbagai tips seputar pengembangan kariermu berikut ini!

Karier di Bidang Teknologi Informasi

Sebelum bertumbuh dan mengembangkan karier, kamu mungkin perlu memahami pekerjaan apa saja yang ada di bidang teknologi informasi. Kami harap beberapa contoh posisi di bawah ini dapat membantu kamu, ya!

  • IT Support Specialist

Orang-orang yang ada di posisi ini berperan penting dalam memastikan kelancaran pekerjaan suatu perusahaan. Bagaimana tidak? SeorangIT support specialistberkewajiban untuk menyiapkan komputer untuk bekerja, instalasi perangkat lunak(software),serta menuntaskan masalah yang dialami karyawan lain dengan komputernya atausoftwaretertentu.

Kemampuan yang Dibutuhkan

  • Memiliki kemampuan dalam melayani orang lain(customer service)
  • Pengetahuan mendalam akan komputer (baikhardwaremaupunsoftware)
  • Mampu bekerja dengan orang lain dan punya kemampuan komunikasi baik
  • Mengikutitrend softwareyang berhubungan dengan IT

Jika kita lihat bersama, pekerjaan ini terlihat membutuhkan kesabaran serta kemampuan komunikasi dan melayani orang lain secara baik. Bila tertarik, kamu dapat mencari pekerjaan serupa di laman JobStreet.

  • IT Networking Specialist

Kemudian, ada pula pekerjaan di bidang teknologi informasi yang membutuhkan kemampuan pelayanan yang baik lainnya, yakni IT Networking Specialist. Namun, berbeda dengan IT Support Specialist, pekerjaan ini menuntut kamu untuk mendukungserverinternal yang dimiliki kantor.

Kemampuan yang Dibutuhkan

  • Mengoptimalkan performa darinetworkdanserver
  • Membuat data menjadi mudah dibaca atau diakses oleh khalayak
  • Menghubungkan perangkat ke dalamnetwork
  • Memastikan fungsinetworkberjalan dengan lancar
  • Mampu melakukanbackuppada datanetwork
  • Memiliki kemampuan komunikasi yang baik
  • Memastikan keamanan transfer data antar pihak

Meski tidak dihampiri karyawan seperti pekerjaan sebelumnya, IT Networking Specialist memiliki pekerjaan yang mampu mempengaruhi banyak orang dari berbagai kalangan di suatu perusahaan. Jangan ragu untuk mendaftarkan diri kamu sebagai IT Networking Specialist lewat JobStreet hari ini, ya!

  • Cybersecurity Specialist

Jika ada solusi yang diberikan suatu teknologi, pasti akan ada juga faktor yang mampu mengancam keamanan teknologi tersebut.Cybersecurity specialistmemiliki tanggung jawab dalam hal mencari kelemahan yang ada pada sistem atau fungsi teknologi informasi pada suatu perusahaan dan organisasi, menemukan potensi ancaman-ancaman yang ada, serta mengadakan perubahan yang diharapkan mampu membuat perusahaan atau organisasi jadi lebih aman dari serangan peretas(hackers). Temukan pekerjaan ini di JobStreet dengan mengunjungi laman ini.

Kemampuan yang Dibutuhkan

  • Mampu mendeteksi intrusi darihackers
  • Melakukan mitigasi akan seranganmalware
  • Menjaga keamanan layanancloud
  • Dapat menganalisismalware
  • Mengenalprogrammingdan bahasanya(C, C++, C#, PHP, Perl, Java,danShell)
  • DeveloperatauEngineer

Kedua pekerjaan ini sebenarnya sama saja, baikdevelopermaupunengineermerancang desain, membuat aplikasi atau website, layanan pengguna(user experience),dan hal-hal lainnya. Tujuan utamanya adalah agar pengguna terhindar dari masalah-masalah teknis.

Secara garis besar,developersendiri terbagi atas tiga macam posisi, yakniback-end developer, front-end developer,sertafull stack developer. Back-end developerbertanggung jawab di balik layar, sedangkanfront-endlebih bertanggung jawab atas pengalaman pelanggan serta antarmuka(user interface).Nah, kalau untukfull stack developer, tanggung jawabnya meliputi semua hal tersebut. Lihat lowongan pekerjaannya di JobStreet.

Tapi, bagaimana dengan kemampuan yang digunakan nantinya, ya?Well,semuaengineerdandeveloperharus mampu melakukan hal-hal sebagai berikut!

Kemampuan yang Dibutuhkan

  • Memahami seluruh bahasaprogramming, seperticybersecurity specialisttadi
  • Memiliki kemampuan komunikasi danproblem solvingyang sangat baik
  • Dapat bekerja di dalam tim
  • Memahami dan dapat menerapkansoftware development life cycle(SDLC)
  • Terbiasa dengan struktur dan juga algoritma
  • Memperhatikan detail secara baik

Sebenarnya, pekerjaan di bidang teknologi informasi ada banyak. Pasalnya, teknologi yang terus berkembang akan membutuhkan sumber daya manusia yang baru dan dengan kompetensi lebih baik. Tapi, bagaimana cara kita bersaing, ya? Berikut beberapa tips pengembangan karier di bidang IT.

Baca Juga: 6 Pekerjaan di Industri E-Commerce yang Dapat Jadi Pertimbangan

Pengembangan Karier di Bidang IT

1. Pahami keterampilan yang sedang dicari perusahaan

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, industri teknologi akan terus berubah. Selain cara yang digunakan akan berkembang, perangkat dan keterampilan yang dibutuhkan juga akan berbeda. Maka, apa pun posisi kamu saat ini, pahami ketrampilan yang sedang dicari perusahaan. Kamu dapat melihatnya melalui iklan lowongan pekerjaan atau melihat apa yang tengah dilakukan komunitas pegiat teknologi informasi di wilayah kamu.

Berikut adalah beberapa contoh keterampilan yang perlu kamu kuasai:

  • Machine learning
  • Cybersecurity
  • Business analysis
  • Quality assurance
  • Data sciencedandata analytics
  • Web development
  • Mobile
  • Java

2. Jangan ragu untuk kuliah atau belajar lagi

Belajar memang tidak boleh ada habisnya. Oleh itu, setelah mengetahui apa yang harus kamu kuasai, kamu bisa kuliah lagi atau belajar dengan mengikuti kursus-kursus tertentu, entah itu yang meliputi hal-hal yang fundamental atau yang baru dan spesifik.

Nah, kalau kamu adalah seseorang yang ingin pindah jalur pekerjaan, kamu bisa menempuh kuliah lagi.Computer scienceatau Program Studi Ilmu Komputer merupakan pilihan yang tepat dalam hal ini. Kamu bisa menemukan program-program seperti ini pada berbagai universitas di Indonesia.

3. Selalu jadi yang terdepan dalam berita seputar industri

Pada tips pertama, kamu disarankan untuk mengenali keterampilan yang sedang dicari perusahaan-perusahaan saat ini. Namun, akan lebih baik jika kamu melakukan ini sambil mencari tahu tren atau berita terbaru seputar industri yang kamu geluti ini. Nanti, kamu akan mengetahui kenapa kamu mempelajari suatu ilmu tertentu dan bagaimana dampaknya jika berhasil direalisasikan.

Baca Juga: Prospek Kerja untuk Bidang IT di Indonesia

4. Selalu kembangkantransferable skillsjuga!

Memang, IT adalah bidang pekerjaan yang menuntut banyak orang untuk berkutat dengan laptop dan komputer. Tetapi, jangan lupa bahwa transferable skills akan sangat berguna di dunia kerja  juga. Misalnya seperti kemampuan komunikasi, manajemen proyek, ketepatan waktu, dan lainnya yang bersifat krusial dan dapat membantu kamu dalam bekerja setiap hari.

5. Bersiap untuk berada di posisi manajemen

Tanyakan kembali kepada dirimu: “sampai sejauh mana saya akan bekerja di bidang ini?” Pasalnya, seiring berjalannya waktu, memahamicodingsaja tidak akan cukup karena kamu akan berada di posisi manajemen atau kamu akan menghadapi tugas di mana kamu akan diwajibkan menjadi penanggung jawab. Kamu perlu memilikisoft skillsyang diperlukan agar mampu menghadapi segala tantangan, berikut beberapa di antaranya!

  • Komunikasi yang baik dengan berbagai macam pihak, baik atasan maupun bawahan
  • Mampu mendengar keluhan maupun kritik dari bawahan
  • Dapat dipercaya oleh atasan dan bawahan
  • Mampu berempati dengan bawahan dan tantangan yang mereka hadapi
  • Menghargai dan mempercayai bawahan
  • Mampu membantu menyelesaikan masalah antar karyawan

Secara umum, tantangan lainnya yang sering dihadapi oleh penanggung jawab suatu proyek atau para manajer salah satunya meliputi ketidakmampuan untuk mengkoordinir dan mendelegasikan bawahannya. Jadi, bangunlah rasa percaya serta hubungan pekerjaan yang baik dengan semua pihak, terutama bawahanmu.

6. Bangun reputasi yang baik

Selain itu, pastikan kamu menjadi manajer dengan cara yang tepat. Dengan begitu, reputasi yang kamu peroleh pun akan menjadi baik. Kamu percaya atau tidak kalau reputasi dapat mempengaruhi kesuksesan orang dalam pekerjaannya? Jangan jadikan perilaku buruk menghalangimu melakukan pengembangan karier, ya.

Kemungkinan besar, reputasi yang baik akan membuka pintu yang lebar di dunia kerja. Pasalnya, bila kamu bersikap baik terhadap orang lain, mereka bukan hanya akan melihat kualifikasi dan kemampuanmu saja, tetapi betapa nyamannya kamu untuk diajak bekerja sama dan berdiskusi.

7. Belum dapat pekerjaan IT? Berkumpul dengan para ahli IT Saja!

Apabila kamu berada di posisientry levelatau bahkan tidak punya pengalaman sama sekali, kamu bisa memperoleh ilmu dari mereka yang sudah bekerja di bidang ini. Keuntungan yang kamu dapatkan, selain dapat belajar dari para ahli secara langsung, adalah pengetahuan akan perkembangan industri serta lowongan kerja di tempat-tempat tertentu.Networkingmerupakan bagian penting dalam pengembangan kariermu.

Demikian tadi penjelasan seputar fungsi teknologi informasi, beberapa contoh pekerjaan di bidang tersebut, serta tips pengembangan karier yang bisa kamu lakukan. Sebenarnya, karier di bidang IT memiliki prospek yang baik, kamu bahkan dapat menghitung perkiraan gaji dengan kalkulator kami.

Namun, sebelum itu, jangan ragu untuk mulai mencari pekerjaan di JobStreet. Kemudian, apabila telah memiliki akun, perbarui profil kamu, terutama setiap ada pengalaman atau kualifikasi baru yang kamu miliki. Tunjukkan dirimu sebagai salah satutalentterbaik yang siap kerja di bidang teknologi informasi!

Baca Juga: Hindari Lowongan Kerja Palsu! Ini Cara Mencari Kerja Secara Aman

Kemudian, untuk pengalaman mencari kerja lebih mudah dan bisa dilakukan di mana saja, unduh aplikasi JobStreet Google Play Store atau Apple App Store. Kembangkan kariermu dari sekarang juga, hanya dengan sentuhan jari.

Akan tetapi, bila ingin memperoleh tips lainnya seputar pengembangan karier atau cara sukses di bidang pekerjaan mana pun, kamu dapat mengunjungi laman Tips Karier kami. Di sana, terdapat beberapa informasi yang mungkin berguna untukmu saat melamar pekerjaan di bidang IT, seperti cara membuat CV yang baik, tips mempersiapkan diri sebelum hadir di wawancara, atau bahkan berita seputar industri tertentu.

Di JobStreet kami selalu berupaya mengantarkan pekerjaan yang bernilai untuk Anda. Sebagai Partner Karier, kami berkomitmen membantu pencari kerja menemukan passion dan tujuan dalam setiap langkah karier. Sebagai Partner Talent nomor 1 di Asia, kami menghubungkan perusahaan dengan kandidat tepat yang dapat memberikan dampak positif dan berkualitas kepada perusahaan.

Temukan pekerjaan yang bernilai untuk Anda. Kunjungi JobStreet hari ini.

Tentang SEEK Asia

SEEK Asia, gabungan dari dua merek ternama Jobstreet dan jobsDB, adalah portal lowongan pekerjaan terkemuka dan destinasi pilihan untuk pencari dan pemberi kerja di Asia. Kehadiran SEEK Asia menjangkau 7 negara yaitu Hong Kong, Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina dan Vietnam. SEEK Asia adalah bagian dari SEEK Limited Company terdaftar di Bursa Efek Australia, portal lowongan pekerjaan terbesar di dunia berdasarkan kapitalisasi pasar. SEEK Asia dikunjungi lebih dari 400 juta kali dalam setahun.

Tentang SEEK Limited

SEEK adalah grup perusahaan yang beragam, dengan portofolio yang kuat  yang mencakup usaha lowongan pekerjaan daring , pendidikan, komersial dan relawan. SEEK hadir secara global (termasuk di Australia, Selandia Baru, Cina, Hong Kong, Asia Tenggara, Brazil dan Meksiko), yang menjangkau lebih dari 2,9 miliar orang dan sekitar 27 persen PDB global. SEEK memberikan kontribusi positif kepada orang-orang dalam skala global. SEEK terdaftar dalam Bursa Efek Australia, yang menempatkannya sebagai 100 perusahaan teratas dan telah diperingkat sebagai 20 Perusahaan Paling Inovatif oleh Forbes.

More from this category: Mencari pekerjaan untukmu

Telusuri istilah pencarian teratas

Tahukah Anda bahwa banyak kandidat yang menyiapkan resume dan meneliti suatu industri dengan menjelajahi istilah pencarian teratas?

Jelajahi topik terkait

Pilih bidang minat untuk menelusuri karier terkait.

Berlangganan Panduan Karir

Dapatkan saran karier dari ahli yang dikirimkan ke kotak masuk Anda.
Anda dapat membatalkan email kapan saja. Dengan mengklik 'berlangganan', Anda menyetujui Pernyataan Privasi Jobstreet.