7 Cara Menghindari Iklan Lowongan Pekerjaan Palsu atau Fiktif

7 Cara Menghindari Iklan Lowongan Pekerjaan Palsu atau Fiktif
Jobstreet tim kontendiperbarui pada 30 June, 2022
Share

Banyak iklan lowongan pekerjaan yang menawarkan gaji dengan nominal tinggi untuk menjadi daya tarik yang tidak mungkin dilewatkan oleh para pencari kerja. Terlebih lagi jika lowongan tersebut datang dari perusahaan impian. Ditambah lagi, lowongan yang tersedia sesuai dengan latar belakang pendidikan dan juga keterampilan yang kamu miliki.

Jangan mudah tergiur! Saat ini, banyak pihak-pihak tidak bertanggung jawab yang menyalahgunakan nama besar dari sebuah perusahaan. Tujuannya untuk menjebak orang-orang yang sedang mencari pekerjaan. Bahkan, kandidat diminta mengirimkan sejumlah uang sebagai jaminan sudah pasti akan langsung diterima kerja. Biasanya cara yang mereka gunakan adalah memasukan informasi palsu dari sebuah perusahaan besar atau menciptakan perusahaan fiktif karangan mereka sendiri.

Secara psikologis, biasanya orang yang sangat terdesak mencari pekerjaan seringkali tidak fokus dalam mengecek iklan lowongan sehingga kurang teliti dan antisipatif terhadap modus penipuan yang mungkin terjadi. Situasi ini lah yang dimanfaatkan oleh oknum-oknum perusahaan palsu. Selain itu, hal ini juga dapat berdampak terhadap psikologis pencari kerja yang jatuh ke lubang ini. Korban bisa putus asa dan kehilangan semangat untuk mencari lowongan lain. Oleh karena itu kamu harus berhati-hati.

Jadilah pelamar kerja yang cermat agar kamu terhindar dari lowongan kerja palsu atau fiktif. Simak beberapa cara yang harus kamu bisa lakukan agar menjadi pelamar yang cermat dan terhindar dari perusahaan fiktif.


  • Perhatikan Informasi Perusahaan

Ketika kamu menemukan iklan lowongan pekerjaan, pastikan kredibilitas alamat dan nomor kontak perusahaan tersebut. Coba kamu cari alamat resmi perusahaannya. Jika alamat yang kamu temukan berbeda dengan alamat yang tercantum, itu adalah salah satu contoh iklan lowongan pekerjaan palsu.

Untuk memastikan nomor kontak perusahaan tersebut, kamu bisa memakai bantuan aplikasi GetContact untuk mengecek apakah nomor telepon tersebut asli atau palsu. Selain itu, kamu juga bisa memverifikasi nomor kontak tersebut dengan mengunjungi situs mereka atau bertanya melalui media sosial perusahaan tersebut.

  • Cek Posisi yang Ditawarkan

Ketika kamu sedang  melakukan riset perusahaan, kamu bisa sekalian mengecek posisi yang akan ditawarkan di iklan lowongan yang kamu temukan. Apakah memang sedangopen recruitmentuntuk posisi tersebut atau tidak. Selain itu, kamu juga bisa mencari tahu mengenai hal-hal terkait posisi pekerjaan yang mereka tawarkan seperti jobdesk, gaji, dan kualifikasi posisi tersebut apa.

Iklan lowongan pekerjaan palsu biasanya mencantumkan kualifikasi yang terlalu umum, seperti menerima kandidat dari semua jenjang pendidikan dan keahlian yang dibutuhkan hanya keahlian dasar. Padahal untuk posisi yang mereka tawarkan sebenarnya memerlukan keterampilan khusus. Kamu harus berhati-hati jika menemukan iklan lowongan seperti ini. Apalagi jika iklannya hanya menawarkan gaji besar tanpa menyebut posisinya mereka cari.

  • Waspada jika Diminta Data Pribadi

Data-data pribadi dibutuhkan untuk keperluan administrasi oleh perusahaan seperti pajak dan asuransi. Namun, data pribadi baru akan diminta setelah kamu benar-benar sudah diterima di perusahaan tersebut, bukan sebelumnya. Jadi, ketika kamu ditawarkan pekerjaan dan langsung diminta detail data pribadi kamu, besar kemungkinan lowongan pekerjaan tersebut palsu.

Data-data pribadi yang sering diminta oleh lowongan pekerjaan palsu adalah foto KTP, SIM, kartu keluarga, foto copy ijazah, transkrip nilai, dan juga NPWP. Biasanya mereka meminta data data tersebut dengan detail seperti foto depan dan belakangnya. Padahal, sebenarnya dokumen tersebut tidak terlalu diperlukan ketika kamu masih di tahap awal. Hati-hati ketika kamu hendak membagikan data-data tersebut, setidaknya sampai kamu sudah melewati tahap interview.

Data-data ini mungkin memang diperlukan oleh perekrut untuk pemeriksaan latar belakang, tetapi mereka tidak akan melakukannya sampai kamu sudah diterima di perusahaan. Jangan sampai data-data tersebut tersebar ke tangan yang salah karena setelah mereka memiliki data pribadi kamu, mereka bisa saja mencuri identitas kamu.

  • Perhatikan Alamat E-mail dan Website Perusahaan

Dalam Iklan lowongan pekerjaan perusahaan akan mencantumkan alamat e-mail resmi mereka. E-mail tersebut digunakan untuk menerima lamaran kamu atau memanggil kamu untuk wawancara. Alamat e-mail perusahaan palsu biasanya domain gratis atauweb basedseperti Yahoo dan Gmail.

Biasanya, ketika perusahaan memberikan informasi panggilan interview, mereka langsung mengirimkannya dari e-mail resmi perusahaan. Pastikan kamu mengirimkan resume atau menerima panggilan interview dari alamat e-mail dengan pola seperti ini.

Kamu juga perlu berhati-hati jika mendapatkan e-mail lowongan pekerjaan. Jika kamu diminta untuk membuka link yang dicantumkan dalam e-mailnya, perhatikan kembali apakah situs tersebut benar milik perusahaan. Jangan sampai link tersebut adalah link phising. Misalnya terdapat perusahaan bernama Maju Jaya Entertainment, ini dia contoh cara membedakannya.

  • Resmi : majujayaentertaiment.com
  • Fiktif   : majujyaentertaiment.com atau majujayaentertaiment1.com

Biasanya, oknum perusahaan palsu akan memilih nama domain yang mirip dengan domain asli hingga menyiapkan konten serupa untuk meyakinkan kamu. Perhatikan kembali apakah ada salah penulisan nama perusahaan atau tidak. Bila kamu tidak berhati-hati, data pribadi kamu bisa dicuri oleh penipu.

  • Waspada jika Dipungut Biaya

Beberapa perusahaan palsu akan meminta uang untuk dana transportasi, uang registrasi, dan masih banyak lagi yang dapat merugikan kamu. Jika tempat kamu melamar berada di luar kota lalu perekrut meminta kamu untuk memakai agen travel atau memesan hotel tertentu, berhati-hatilah karena ini adalah salah satu modus yang oknum-oknum sering pakai.

Jangan pernah percaya juga jika pihak perekrut mengharuskan kamu untuk membayar sejumlah uang agar memperlancar proses penerimaan kerja. Perekrut sudah pasti digaji oleh perusahaan mereka jadi tidak perlu bayaran dari kandidat. Jika mereka mengharuskan kamu untuk membayar biaya untuk mengirimkan resume atau melanjutkan ke tahap wawancara, kemungkinan besar itu penipuan.

Persyaratan seperti untuk biaya pelatihan atau seminar juga patut dicurigai. Perusahaan resmi dan profesional tidak akan mengharuskan kamu membayar untuk pelatihan atau pun memungut biaya apapun dalam proses seleksi atau perekrutan.

  • Langsung Diterima Kerja Tanpa Tes dan Wawancara

Idealnya, proses rekrutmen membutuhkan waktu berkala. Kandidat harus melewati beberapa tahapan proses sebelum akhirnya bisa diterima. Selain itu, perusahaan akan memastikan kandidat memiliki skill dan memenuhi persyaratan rekrutmen. Perusahaan yang profesional tidak mungkin langsung menerima kamu begitu saja. Karena itu, jika kamu menemukan lowongan pekerjaan yang menjanjikan kamu langsung masuk tanpa melalui proses apapun, kamu harus berhati-hati.

  • Cari Sumber Lowongan Pekerjaan yang Terpercaya

Hindari situs lowongan kerja yang banyak menyediakan iklan dengan menggunakan informasi yang kurang jelas bahkan informasi palsu. Ketika kamu membaca lowongan pekerjaan, perhatikan kembali penulisan iklan tersebut. Jika kamu menemukan banyaktypo, penggunaan huruf kapital yang tidak tepat, atau salah tanda baca, maka kamu harus waspada dengan lowongan pekerjaan tersebut. Kalimat yang berbelit tanpa poin yang jelas dan ejaan yang tidak sesuai EYD juga harus kamu waspadai.

Cobalah cari situs lowongan pekerjaan yang menyediakan informasi lowongan kerja yang mempunyai kredibilitas tinggi, misalnya seperti JobStreet. Setiap perusahaan yang mengiklankan lowongan pekerjaan diharuskan untuk mencantumkan detail menyeluruh. Mulai dari profil perusahaan, jenis pekerjaan, gaji, lokasi,jobdesk,hingga kualifikasi yang dibutuhkan. Jadi, kamu tidak perlu ragu untuk mulai mencari lowongan pekerjaan yang aman dan terjamin melalui JobStreet.

Nah, itu tadi tips-tips untuk menghindari iklan lowongan kerja palsu. Sebagai pencari kerja yang cerdas, kamu diwajibkan untuk tetap berhati-hati ketika menemukan iklan lowongan yang terlihattoo good to be trueatau menawarkan “janji manis” secara berlebihan. Pihak jahat yang mencoba memanfaatkan kondisi pelamar kerja nyata adanya sehingga kamulah yang perlu untuk selalu waspada.

Sebagai langkah pencegahan, kamu juga dapat mengandalkan portal lowongan kerja JobStreet untuk membaca tips-tips karir serupa di sini. Jika sudah menemukan pekerjaan impianmu, jangan lupa untuk memperbarui profil JobStreet-mu. Tetap semangat dan jadilah calon pekerja yang cerdas!

Di JobStreet kami selalu berupaya mengantarkan pekerjaan yang bernilai untuk Anda. Sebagai Partner Karier, kami berkomitmen membantu pencari kerja menemukan passion dan tujuan dalam setiap langkah karier. Sebagai Partner Talent nomor 1 di Asia, kami menghubungkan perusahaan dengan kandidat tepat yang dapat memberikan dampak positif dan berkualitas kepada perusahaan.

Temukan pekerjaan yang bernilai untuk Anda. Kunjungi JobStreet hari ini.

Tentang SEEK Asia

SEEK Asia, gabungan dari dua merek ternama Jobstreet dan jobsDB, adalah portal lowongan pekerjaan terkemuka dan destinasi pilihan untuk pencari dan pemberi kerja di Asia. Kehadiran SEEK Asia menjangkau 7 negara yaitu Hong Kong, Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina dan Vietnam. SEEK Asia adalah bagian dari SEEK Limited Company terdaftar di Bursa Efek Australia, portal lowongan pekerjaan terbesar di dunia berdasarkan kapitalisasi pasar. SEEK Asia dikunjungi lebih dari 400 juta kali dalam setahun.

Tentang SEEK Limited

SEEK adalah grup perusahaan yang beragam, dengan portofolio yang kuat  yang mencakup usaha lowongan pekerjaan daring , pendidikan, komersial dan relawan. SEEK hadir secara global (termasuk di Australia, Selandia Baru, Cina, Hong Kong, Asia Tenggara, Brazil dan Meksiko), yang menjangkau lebih dari 2,9 miliar orang dan sekitar 27 persen PDB global. SEEK memberikan kontribusi positif kepada orang-orang dalam skala global. SEEK terdaftar dalam Bursa Efek Australia, yang menempatkannya sebagai 100 perusahaan teratas dan telah diperingkat sebagai 20 Perusahaan Paling Inovatif oleh Forbes.

More from this category: Melamar pekerjaan

Telusuri istilah pencarian teratas

Tahukah Anda bahwa banyak kandidat yang menyiapkan resume dan meneliti suatu industri dengan menjelajahi istilah pencarian teratas?

Jelajahi topik terkait

Pilih bidang minat untuk menelusuri karier terkait.

Berlangganan Panduan Karir

Dapatkan saran karier dari ahli yang dikirimkan ke kotak masuk Anda.
Anda dapat membatalkan email kapan saja. Dengan mengklik 'berlangganan', Anda menyetujui Pernyataan Privasi Jobstreet.