6 Tips Untuk Menyalakan Kembali Semangat di Tempat Kerja

6 Tips Untuk Menyalakan Kembali Semangat di Tempat Kerja
Jobstreet tim kontendiperbarui pada 30 June, 2022
Share

6 tips for reigniting your passion at work

Anda dulu berharap dapat merayakan ulang tahun kerja Anda, tetapi tahun ini membuat Anda merasa tidak bahagia. Sangat wajar untuk merasa letih atau tidak peduli jika Anda telah bekerja di pekerjaan yang sama selama beberapa tahun - kita adalah manusia. Pada saat-saat seperti ini, sangat tepat bagi kita untuk merefleksikan di mana kita berada dengan di mana kita ingin berada dalam hal tujuan karier.

Sangat mudah untuk merasa puas ketika hal-hal dapat diprediksi dan nyaman, yang dapat menyebabkan kita teralihkan dari tujuan kita. Jika yang terakhir terjadi, saatnya Anda melakukan introspeksi. Kendalikan karier Anda dan nyalakan kembali gairah Anda saat bekerja dengan langkah-langkah mudah berikut ini:

  1. Renungkan apa yang paling Anda sukai dari pekerjaan Anda

Kembalikan pikiran Anda ke saat Anda pertama kali mulai bekerja di tempat kerja dan ingat apa yang paling Anda sukai tentang hal itu. Buat daftar atribut atau aspek pekerjaan yang paling membuat semangat di tempat kerja. Daftar ini juga dapat mencakup aspek-aspek yang tidak secara khusus terkait dengan ruang lingkup pekerjaan Anda. Faktor-faktor seperti budaya kerja, teman kantor, dan bos yang menginspirasi juga merupakan atribut yang valid yang harus dimasukkan.

  1. Identifikasi poin-poin utama dari pekerjaan Anda

Selanjutnya, identifikasi bidang utama atau aspek pekerjaan Anda yang saat ini paling membuat Anda stres atau tidak senang. Sama seperti sebelumnya, daftar tidak boleh dibatasi di area masalah khusus pekerjaan. Luangkan waktu untuk melakukan peninjauan menyeluruh sehingga Anda akan memiliki kejelasan penyebab utama ketidakpuasan pekerjaan Anda.

  1. Muncullah dengan rencana aksi untuk mengatasi poin-poin masalah utama dari pekerjaan Anda

Jika Anda diberi kebebasan untuk mendesain ulang ruang lingkup pekerjaan Anda atau Anda memiliki wewenang untuk menghilangkan poin masalah dari pekerjaan Anda, apa yang akan Anda lakukan? Buat daftar langkah-langkah yang Anda ambil untuk mengatasi situasi tersebut. Ini bisa termasuk jam kerja yang fleksibel, proses kerja yang lebih baik, serta kreativitas dan penyelesaian masalah yangout of the box, dll.

Buatlah daftar keinginan perubahan yang Anda buat untuk pekerjaan dan lingkungan kerja Anda jika diberi kesempatan untuk melakukannya.

  1. Bicaralah dengan manajer langsung Anda

Bawa daftar keinginan Anda ke manajer langsung Anda dan bicaralah kepadanya sambil menjelaskan bagaimana perubahan ini tidak hanya akan berkontribusi pada garis bawah perusahaan tetapi juga membuat Anda tetap di jalur untuk mencapai tujuan karier Anda.

Itu semua tentang dasar kebenaran. Jika Anda dapat menunjukkan bagaimana ide Anda akan membantu perusahaan mencapai sasarannya dan meningkatkan profitabilitas, Anda akan memiliki peluang keberhasilan yang lebih tinggi. Sasaran karier Anda penting, tetapi tidak sepenting bagi bos Anda seperti tujuan perusahaan.

  1. Ambillah lebih banyak tantangan di tempat kerja

Sejalan dengan hal di atas, Anda harus meningkatkan pekerjaan dan menghadapi lebih banyak tantangan. Jika Anda bosan dengan lingkup pekerjaan Anda saat ini, itu artinya pekerjaan itu terlalu mudah bagi Anda. Tantangan mungkin tampak menakutkan pada awalnya, tetapi kita tidak dapat tumbuh tanpa melangkah keluar dari zona nyaman. Kegembiraan dalam mengatasi tantangan baru membuat kita terus terdorong dan termotivasi.

  1. Dapatkan saran dari rekan-rekan yang tepat

Jangan takut untuk meminta saran, tetapi pilih siapa yang Anda minta. Teman yang perhatian dan antusias akan memberikan saran yang jauh lebih membangun dan berguna dibandingkan dengan rekan kerja yang lesu dan tidak aman yang merasa kecewa dan sangat membutuhkan perubahan diri.

Menjadi bosan dan merasa puas di tempat kerja sering menjadi pertanda bahwa Anda telah melampaui pekerjaan Anda. Itu tidak berarti Anda tidak lagi bergairah dengan pekerjaan Anda, tetapi itu berarti sudah saatnya bagi Anda untuk mundur selangkah dan merenungkan di mana Anda berada dengan tujuan karir Anda. Perubahan mungkin menakutkan, tetapi itu adalah prasyarat untuk pertumbuhan pribadi dan profesional. Jika Anda ragu tentang kemampuan Anda untuk mengambil peran yang lebih menantang, itu berarti Anda harus melakukannya.

Ikuti halaman Facebook kami untuk wawasan yang lebih baru mengenai peretasan karier dan tren pekerjaan terbaru.

More from this category: Kesejahteraan di tempat kerja

Telusuri istilah pencarian teratas

Tahukah Anda bahwa banyak kandidat yang menyiapkan resume dan meneliti suatu industri dengan menjelajahi istilah pencarian teratas?

Berlangganan Panduan Karir

Dapatkan saran karier dari ahli yang dikirimkan ke kotak masuk Anda.
Anda dapat membatalkan email kapan saja. Dengan mengklik 'berlangganan', Anda menyetujui Pernyataan Privasi Jobstreet.