6 Tips Agar Perencanaan Karirmu Berjalan Lancar di Tahun 2022

6 Tips Agar Perencanaan Karirmu Berjalan Lancar di Tahun 2022
Jobstreet tim kontendiperbarui pada 30 June, 2022
Share

Tahun 2022 kini sudah dimulai. Awal tahun merupakan saat yang tepat untuk memikirkan kembali semua hal yang kita lakukan di tahun sebelumnya. Bisa dalam aspek hubungan keluarga, maupun aspek profesional seperti pekerjaan.

Saat kamu sudah melakukan kilas balik tahun 2021, kamu akan mendapatkan gambaran jelas tentang pencapaianmu. Kemudian, kamu dapat menggunakan informasi tersebut untuk meningkatkan kualitas diri, terutama jika kamu menjadikan tahun ini untuk fokus dalam pengembangan karir.

Memiliki resolusi dapat membuatmu lebih fokus dalam menjalani tahun ini. Baca terus artikel ini untuk mengetahuinya lebih jauh.

Kilas Balik Perencanaan Karir

Jika kamu baru terjun ke dunia kerja ataufresh graduate, kamu dapat memikirkan ulang perencanaan karirmu. Untuk kamu yang sudah mulai bekerja, kamu dapat memulainya dengan melakukan refleksi perjalanan karirmu selama ini.

Apa pekerjaan yang saat ini kamu ambil memilikiwork-life balanceyang baik? Apa kamu menikmati pekerjaan tersebut? Apa resolusi kamu di tahun sebelumnya sudah tercapai?

Untuk kamu yang seorang fresh graduate dan sedang mencari kerja, kamu dapat mengecek lagi CV yang telah kamu buat. Apakah sesuai standar dan sudah menarik? Kemudian, kamu dapat melihatskillyang kamu kuasai saat ini, bagaimana kesesuaiannya terhadap kebutuhan di pasar kerja?

Jika kamu merasa kurang cocok dengan pekerjaanmu atau dengan perencanaan karirmu yang sudah ada saat ini, mungkin inilah saatnya kamu memikirkan kembali perencanaan karirmu yang baru.

Manfaat memiliki perencanaan karir di 2022

Career planningatau perencanaan karir merupakan salah satu hal esensial dalam kehidupan profesional. Ada sekumpulan orang yang sudah mengetahui jalur karir mereka, namun ada juga yang masih merasa bahwa mereka belum memiliki jawaban yang pasti tentang hal tersebut.

Dengan memiliki perencanaan karir, kamu akan memiliki gambaran jelas dan terarah tentang langkah yang akan kamu lakukan. Selain itu, dalam prosesnya, kamu dapat mengetahui faktor lain yang perlu dilengkapi. Biasanya, kekurangan dan kelebihan dalam diri dapat dipelajari sehingga kamu menemukan strategi yang baik untuk perencanaan karir.

Baca juga: Cara Membuat Perencanaan Karir Dengan Template

Setelah kamu mengetahui perencanaan karir, kamu dapat melihat target yang ingin dicapai di masa depan. Hal tersebut nantinya akan memberikanmu motivasi untuk lebih maksimal dalam melakukan pekerjaan. Setelahnya, kamu juga akan lebih mudah memastikan langkah apa yang bisa kamu ambil selanjutnya. Berikut adalah 6 tips perencanaan karir yang dapat kamu lakukan.

6 Tips untuk Tetap Fokus Meraih Target Karir di 2022

Banyak orang yang memiliki resolusi setiap tahunnya. Momentum ini memang sudah sebaiknya dimanfaatkan, seperti ujaran yang populer New Year, New Me

Sayangnya, banyak juga orang yang hanya menjadikan resolusi tersebut sebagai angan saja. Banyak dari mereka yang tidak konsisten dalam menjalani resolusi mereka hingga akhirnya targetnya tidak tercapai. Akibatnya, satu tahun berjalan tanpa pencapaian apapun. Untuk itu, kamu dapat memanfaatkan momentum ini dengan lebih baik dengan mengikuti 6 tips berikut:

  • Tentukan target yang jelas

Setelah kamu melakukan refleksi dan memahami betul situasi saat ini, kamu akan menemukan gambaran jelas tentang hal-hal yang ingin dicapai. Coba hindari membuat target yang terkesan tidak realistis.

Sebagai contoh, kamu ingin mengembangkan karir sebagai digital marketing di perusahaan A. Lalu, setelah 2 tahun, kamu kini sudah merasa siap untuk naik jabatan. Jika begitu, maka target yang jelas dan terukur bisa jadi adalah menjadi senior digital marketing officer dan bukan digital marketing manager.

Jadi, pastikan bahwa target tersebut terukur. Misalnya, kamu ingin menjadi karyawan terbaik tahun ini, atauemployee of the year. Pahami indikator-indikator keberhasilan untuk mencapai hal tersebut agar kamu dapat mengetahui dengan pasti hal apa saja yang harus kamu capai untuk menjadi karyawan terbaik.

Dengan membuat target yang jelas, realistis, dan terukur, kamu dapat mengetahui dengan pasti hal-hal apa saja yang harus kamu raih. Kecenderungan dirimu untuk menganggap bahwa resolusi hanya sekedar “mimpi” akan hilang.

  • Ambil langkah-langkah kecil

Jika kamu sudah yakin dengan target karir kamu, ini saatnya untuk menentukan langkah yang harus dicapai untuk mencapainya. Kamu dapat memulainya dengan mengetahui batu loncatan mana yang strategis dalam bentuk target-target kecil.

Hal apa saja yang dibutuhkan untuk mencapai targetmu? Susun hal-hal tersebut dan pisahkan mereka menjadi target-target jangka pendek yang bertahap. Dengan begitu, kamu dapat fokus pada satu hal dan bergerak perlahan ke atas.

Pastikan bahwa kamu memecah target yang besar menjadi target-target kecil yang dapat dicapai dalam kurun waktu setahun. Jangan sasar target yang proses pencapaiannya membutuhkan waktu lebih dari waktu tersebut agar tetap realistis.

  • Disiplin

Ketika bekerja, seringkali kita mendapatkan banyak distraksi. Mungkin saja kamu ingin berganti karir namun merasa tidak memiliki cukup waktu karena banyaknya tuntutan di tempat kerja. Mungkin juga kamu memiliki urusan pribadi yang membuatmu kehilangan motivasi. Kemudian kamu jadi kehilangan semangat untuk mengejar target yang sudah direncanakan.

Salah satu kunci keberhasilan dalam mencapai target adalah menjadi disiplin. Melissa Doman, seorang psikolog yang berkonsentrasi pada kesehatan mental di tempat kerja, mengatakan bahwa rasa tanggung jawab terhadap diri sendiri diperlukan untuk memastikan seseorang tetap berproses menuju targetnya.

Lakukan pengecekan mandiri secara rutin untuk mengetahui apa kamu bergerak ke arah targetmu tahun ini. Jika diperlukan, kamu dapat meminta bantuan teman atau keluarga terdekatmu untuk selalu mengingatkanmu tentang target tersebut. Selain itu, mendapatkan dukungan moral dari orang terdekat juga dapat membantu diri kamu untuk lebih termotivasi.

  • Mengatur batasan

Hal yang dimaksud dalam mengatur batasan dalam merencanakan karir yakni memberanikan diri untuk bilang tidak kepada hal-hal yang sifatnya kurang relevan dengan proses pencapaian targetmu.

Terkadang, seseorang dapat merasa harus melakukan kegiatan di luar tanggung jawabnya untuk menghindari konflik tanpa mementingkan dirinya sendiri. Jika hal ini terjadi juga pada dirimu, mulai dengan prioritaskan dirimu terlebih dulu.

Coba berlatih untuk mengatakan tidak pada hal-hal yang berpotensi mengalihkan prosesmu dalam mencapai target. Melakukannya hanya akan membuat kamu semakin jauh dari target yang diinginkan.

  • Meminta bantuan mentor

Tips terakhir yang dapat kamu lakukan ialah meminta bantuan kepada senior berupa saran daninsightmengenai targetmu. Bisa jadi target yang telah kamu tetapkan kurang spesifik, atau bahkan kurang realistis. Sebagai seorang yang pernah ada di posisi yang sama sebelumnya, senior dapat berbagi pengalaman pribadinya.

Baca juga: Fresh Graduate Perlu Membangun Networking, Ini Dia 5 Tipsnya!

Selain itu, kamu juga dapat meminta bantuan profesional seperti konsultan karir untuk memastikan bahwa kamu menetapkan target yang sesuai. Selain itu kamu juga dapat mendapatkan lebih banyak tips serta hal-hal yang harus dihindari demi tercapainya target karir.

Dimulainya tahun 2022 memang merupakan momentum yang pas untuk merencanakan kembali semua aspek dalam hidup, termasuk aspek karir.

Manfaatkan waktu ini untuk membuat perencanaan karir yang dapat membantumu memahami kekurangan dan kelebihan diri agar kamu dapat meraih target ideal yang kamu inginkan.

Mulai dengan target yang jelas, kemudian pastikan bahwa target tersebut terukur dan realistis. Kemudian pecahkan target besar menjadi target-target kecil yang dapat membantumu tetap fokus. Jauhi distraksi dengan berpegang teguh pada hal yang dibutuhkan diri dan membuat batasan dari hal-hal lain. Jadilah pribadi yang displin, dan jika diperlukan, mintalahinsightdari orang-orang yang lebih berpengalaman.

Kunci sukses kehidupan karir di tahun 2022 kini sudah kamu dapatkan. Jika kamu sudah mantap dalam merencanakan karirmu, itu hal yang sangat bagus! Kamu tinggal mencari lowongan pekerjaan yang diinginkan.

Namun jangan khawatir jika kamu belum yakin. Kunjungi halaman Tips Karir JobStreet untuk mengetahui berbagai jalur karir yang relevan dengan tren industri saat ini. Setelah itu, jangan berlama-lama menunggu dan segera perbarui profilmu untuk mengejar rencana karir 2022 kamu.

Jangan lupa juga untuk akses mudah untuk melamar dimana pun dan kapan pun dengan download aplikasi JobStreet di Google Play Store dan Apple App Store.

Di JobStreet kami selalu berupaya mengantarkan pekerjaan yang bernilai untuk Anda. Sebagai Partner Karir, kami berkomitmen membantu pencari kerja menemukan passion dan tujuan dalam setiap langkah karir. Sebagai Partner Talent nomor 1 di Asia, kami menghubungkan perusahaan dengan kandidat tepat yang dapat memberikan dampak positif dan berkualitas kepada perusahaan.

Temukan pekerjaan yang bernilai untuk Anda. Kunjungi JobStreet hari ini.

Tentang SEEK Asia

SEEK Asia, gabungan dari dua merek ternama Jobstreet dan jobsDB, adalah portal lowongan pekerjaan terkemuka dan destinasi pilihan untuk pencari dan pemberi kerja di Asia. Kehadiran SEEK Asia menjangkau 7 negara yaitu Hong Kong, Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina dan Vietnam. SEEK Asia adalah bagian dari SEEK Limited Company terdaftar di Bursa Efek Australia, portal lowongan pekerjaan terbesar di dunia berdasarkan kapitalisasi pasar. SEEK Asia dikunjungi lebih dari 400 juta kali dalam setahun.

Tentang SEEK Limited

SEEK adalah grup perusahaan yang beragam, dengan portofolio yang kuat  yang mencakup usaha lowongan pekerjaan daring , pendidikan, komersial dan relawan. SEEK hadir secara global (termasuk di Australia, Selandia Baru, Cina, Hong Kong, Asia Tenggara, Brazil dan Meksiko), yang menjangkau lebih dari 2,9 miliar orang dan sekitar 27 persen PDB global. SEEK memberikan kontribusi positif kepada orang-orang dalam skala global. SEEK terdaftar dalam Bursa Efek Australia, yang menempatkannya sebagai 100 perusahaan teratas dan telah diperingkat sebagai 20 Perusahaan Paling Inovatif oleh Forbes.

.

More from this category: Melamar pekerjaan

Telusuri istilah pencarian teratas

Tahukah Anda bahwa banyak kandidat yang menyiapkan resume dan meneliti suatu industri dengan menjelajahi istilah pencarian teratas?

Jelajahi topik terkait

Pilih bidang minat untuk menelusuri karier terkait.

Berlangganan Panduan Karir

Dapatkan saran karier dari ahli yang dikirimkan ke kotak masuk Anda.
Anda dapat membatalkan email kapan saja. Dengan mengklik 'berlangganan', Anda menyetujui Pernyataan Privasi Jobstreet.