5 Kiat Pencarian Kerja Yang Harus Dilakukan Bagi Single Parent

5 Kiat Pencarian Kerja Yang Harus Dilakukan Bagi Single Parent
Jobstreet tim kontendiperbarui pada 30 June, 2022
Share

5 must-do job search tips for single parents

Single Parent memiliki tantangan yang tidak menyenangkan untuk mengatasi stigma yang menyertai status, terutama dalam budaya tradisional Asia. Bias terhadap single parent juga ditunjukan oleh perusahaan tertentu yang menganggap mereka kurang fleksibel dan lebih rentan untuk mengambil cuti, membuat mereka kurang fokus pada pekerjaan. Mungkin akan lebih menantang bagi para single parent untuk mendapatkan peluang kerja yang sama dengan orang tua pada umumnya, oleh karena itu single parent harus lebih fokus dalam pencarian pekerjaan mereka.

Berikut adalah 5 kiat pencarian kerja yang harus dilakukan bagi single parent yang ingin memajukan karier profesional mereka:

1. Identifikasi perusahaan dengan kebijakan yang ramah keluarga dan jam kerja yang fleksibel

Fokus dalam mencari pekerjaan yang tidak memandang status perkawinan atau anak merupakan hal penting, tetapi dalam kasus single parent, itu lebih penting karena memastikan Anda tidak membuang-buang waktu dan usaha Anda untuk melamar pada perusahaan yang salah.

Meneliti budaya kerja perusahaan akan memberi tahu Anda banyak tentang nilai dan pendekatan mereka terhadap keseimbangan kehidupan kerja karyawan dan kesejahteraan umum. Berikut adalah panduan praktis untuk mendapatkan informasi tentang budaya kerja perusahaan untuk memulai. Memeriksa ulasan perusahaan online selalu tempat yang baik untuk memulai, karena ulasan ini berisi umpan balik langsung oleh karyawan perusahaan sebelumnya dan saat ini.

2. Cari peluang kerja kerja dari rumah (Anda dapat menautkan ini ke iklan pekerjaan berbasis dirumah / jarak jauh)

Internet telah sepenuhnya mengubah cara kita bekerja, hidup, dan konsumsi. Ini telah secara efektif memberdayakan penduduk yang bekerja untuk bekerja dari jarak jauh, memberikan kita lebih banyak fleksibilitas dan otonomi untuk mengelola karier kita. Menurut Forbes, ‘Sekarang, karena lebih banyak perusahaan yang menerima dan mengintegrasikan telecommuter ke dalam model bisnis mereka, 2018 adalah waktu yang ideal bagi pencari kerja untuk mengejar pekerjaan yang lebih baik dan lebih fleksibel.

Di sisi lain, sifat Internet yang terbuka juga memudahkan para penipu untuk menipu pencari kerja dengan prospek pekerjaan terlihat bagus. Oleh karena itu penting untuk melakukan penelitian ketika mempertimbangkan peluang kerja "maya" oleh perusahaan yang belum pernah Anda temui secara langsung. Mintalah rekomendasi dari orang-orang yang Anda percayai tentang perusahaan atau klien mana yang dapat dipercaya. Untuk JobStreet sendiri, kami selalu melakukan verifikasi berlapis sebelum perusahaan memasang iklan di JobStreet, dan kami memastikan klien kami mematuhi hukum setempat dan memiliki lisensi yang diperlukan untuk beroperasi.

3. Pastikan keterampilan dan pengetahuan Anda selalu up-to-date

Untuk mengatasi kemungkinan bias yang mungkin dimiliki calon atasan Anda tentang status single parent Anda, sangat penting bahwa keterampilan dan pengetahuan Anda relevan dan terbaru. Jika Anda perlu mendaftar di kursus untuk mempelajari bahasa pemrograman terbaru atau praktik terbaik saat ini dalam desain web, lakukan. Anda perlu memastikan bahwa resume Anda menunjukkan bahwa keterampilan dan kompetensi Anda setara dengan kandidat terbaik berikutnya.

4. Terus terang tentang harapan pekerjaan Anda

Mungkin Anda tergoda untuk menyembunyikan status single parent Anda dari calon perusahaan selama wawancara, tetapi itu akan menjadi hal terburuk yang  dilakukan. Tidak hanya akan menjadi bumerang pada Anda di masa depan (kebenaran pada akhirnya akan terungkap), itu mungkin menghancurkan kepercayaan yang dimiliki perusahaan Anda sebelumnya, yang akan menjadi bencana.

Jujur dan transparan tentang situasi Anda - pengusaha menghargai kejujuran dan akan lebih menghargai Anda. Bersikap jujur tentang ekspektasi pekerjaan Anda akan membuat Anda dan atasan Anda bebas stres dan cemas terhadap akibat-akibat  yang akan terjadi ketika Anda ketahuan berbohong tentang status Anda.

5. Pertimbangkan untuk memulai bisnis Anda sendiri

Sama seperti perusahaan yang mulai merangkul kerja dari rumah sebagai masa depan kerja, tidak pernah ada waktu yang lebih baik untuk memulai bisnis Anda sendiri, baik itu bisnis mikro atau sesuatu yang lebih rumit. Bahkan menyediakan layanan freelance adalah cara yang bagus untuk memudahkan transisi Anda menjadi wirausaha.

Ada begitu banyak pilihan yang tersedia saat ini. Anda dapat memproduksi dan menjual produk buatan sendiri seperti makanan yang dipanggang, sabun buatan sendiri dan produk kecantikan, seni dan kerajinan, dll di Etsy,  atau mulailah toko online di salah satu dari beberapa platform eCommerce yang tersedia saat ini. Intinya adalah, Anda memiliki banyak pilihan di ujung jari Anda (secara harfiah, karena internet adalah pintu gerbang Anda ke khalayak internasional).

Terlepas dari stigma yang melekat pada single parent, kita dapat menikmati kenyataan bahwa teknologi sedang mendefinisikan ulang masa depan kerja, membuat peluang kerja jarak jauh lebih mudah sekarang dibandingkan dengan satu dekade yang lalu.

Ikuti halaman Facebook kami untuk wawasan yang lebih baru mengenai peretasan karier dan tren pekerjaan terbaru.

More from this category: Melamar pekerjaan

Telusuri istilah pencarian teratas

Tahukah Anda bahwa banyak kandidat yang menyiapkan resume dan meneliti suatu industri dengan menjelajahi istilah pencarian teratas?

Jelajahi topik terkait

Pilih bidang minat untuk menelusuri karier terkait.

Berlangganan Panduan Karir

Dapatkan saran karier dari ahli yang dikirimkan ke kotak masuk Anda.
Anda dapat membatalkan email kapan saja. Dengan mengklik 'berlangganan', Anda menyetujui Pernyataan Privasi Jobstreet.