5 alasan meningkatkan pencarian pekerjaan di bulan Desember

5 alasan meningkatkan pencarian pekerjaan di bulan Desember
Jobstreet tim kontendiperbarui pada 30 June, 2022
Share

5 alasan untuk meningkatkan pencarian pekerjaan Anda di bulan Desember

Berlawanan dengan kepercayaan saat ini, Anda seharusnya tidak berhenti dari upaya pencarian pekerjaan selama liburan akhir tahun. Jika memungkinkan, Anda harus melipatgandakan melamar di perusahaan selama bulan perayaan ini. Sangat mudah untuk mengabaikan prospek pencarian pekerjaan yang sukses di bulan Desember karena kebanyakan orang biasanya akan meluangkan waktu atau sibuk menyelesaikan proyek dan meninjau anggaran, tapi itu akan menjadi kesalahan yang gegabah.

Dalam sebuah survei terhadap lebih dari 500 sumber daya manusia dan manajer perekrutan, "94% responden merekomendasikan agar pencari kerja mengikuti usaha pencarian mereka sampai akhir tahun." Ya, Anda membacanya dengan benar. Desember bukan hanya sekedar liburan dan pesta. Ini juga bisa menjadi bulan yang produktif untuk mengamankan pekerjaan baru, jika Anda berusaha.

Berikut adalah lima alasan yang sering diabaikan untuk meningkatkan usaha pencarian pekerjaan Anda selama liburan:

# 1 Berkurangnya Kompetisi

Dengan mayoritas pencari kerja yang menolak bulan Desember sebagai bulan yang sepi untuk kesempatan kerja, mereka yang mengajukan permohonan pekerjaan secara alami akan tampil jauh lebih mudah dibandingkan dengan bulan-bulan puncak pencarian kerja seperti bulan Januari dan Februari.

Mempekerjakan manajer akan memiliki lebih banyak waktu untuk membaca dengan teliti aplikasi Anda bila mereka memiliki jumlah aplikasi yang relatif sedikit untuk diperiksa.

# 2 Majulah

Inilah saat yang ideal untuk meletakkan dasar bagi pencarian kerja Anda. Akan ada pengusaha yang sudah mempersiapkan persyaratan kepegawaian mereka sehingga mereka bisa mencapai target saat tahun baru bergulir. Dengan terhubung dengan perekrut dan mengirimkan aplikasi Anda menjelang kompetisi, Anda akan mendapat kesempatan lebih baik untuk menjadi yang lebih awal.

# 3 Lebih banyak kesempatan berjejaring

Musim perayaan menawarkan peluang jaringan prima berkat rangkaian pesta liburan dan acara perkantoran yang biasanya dijadwalkan sepanjang tahun ini. Ini akan menjadi saat yang ideal untuk membuat kontak profesional baru, baik melalui teman atau keluarga yang menjadi tuan rumah pesta ini. Intinya adalah mengabarkan orang-orang di luar sana bahwa Anda sedang mencari pekerjaan baru.

# 4 Dekati perekrut dalam suasana liburan

Perekrut dalam suasana liburan umumnya lebih mudah didekati dan dalam suasana hati yang lebih dermawan, sehingga memudahkan Anda untuk melewati proses pemeriksaan dokumen mereka yang ketat. Perasaan lebih santai dan memiliki liburan yang ditunggu-tunggu dapat membuat mereka dalam keadaan pikiran yang lebih berempati untuk memberi Anda waktu wawancara.

# 5 Ini menunjukkan ketekunan dari pihak Anda

Seperti yang telah kita ketahui, terus berupaya mencari pekerjaan selama musim liburan membuat Anda menonjol dari yang lainnya. Kenyataan bahwa Anda cukup fokus untuk bertahan dalam perburuan pekerjaan Anda sementara sebagian besar rekan kerja Anda beristirahat dan merayakan perayaan, menunjukkan dedikasi dan ketekunan Anda, yang oleh sebagian besar pengusaha dianggap sebagai atribut yang diinginkan dalam kerja yang produktif.

Untuk wawasan lebih segar tentang tips berburu pekerjaan dan tren perekrutan, ikuti halaman Facebook kami!

More from this category: Melamar pekerjaan

Telusuri istilah pencarian teratas

Tahukah Anda bahwa banyak kandidat yang menyiapkan resume dan meneliti suatu industri dengan menjelajahi istilah pencarian teratas?

Jelajahi topik terkait

Pilih bidang minat untuk menelusuri karier terkait.

Berlangganan Panduan Karir

Dapatkan saran karier dari ahli yang dikirimkan ke kotak masuk Anda.
Anda dapat membatalkan email kapan saja. Dengan mengklik 'berlangganan', Anda menyetujui Pernyataan Privasi Jobstreet.