Tips Membalas Email Panggilan Interview Kerja dan Contohnya

Tips Membalas Email Panggilan Interview Kerja dan Contohnya
Jobstreet tim kontendiperbarui pada 30 June, 2022
Share

Ketika berusaha melamar kerja, mungkin kamu sudah sangat sering mendengar cerita tentang pelamar yang tidak diberi kabar hasilinterviewoleh perusahaan yang ia lamar. Namun, apa kamu pernah mendengar soal HRD yang undanganinterview-nya terkenaghostingoleh pelamar kerja?

Kedengarannya memang tidak wajar. Namun, pada kenyataannya, tidak sedikit pelamar kerja yang melakukanghostingkepada perekrut, terutama setelah mereka mendapatemailpanggilaninterview. Berdasarkan riset berjudul “Ghosting: the Creepy New HR Trend,” sebanyak 83% perekrut dilaporkan mengalamighostingyang dilakukan oleh kandidat mereka. Meskipun banyak yang melakukannya, bukan berarti kamu juga bisa ikut bersikap acuh tak acuh terhadap perekrut.

Hal seperti tata cara membalasemailpanggilaninterviewcukup jarang dibahas dalam artikel-artikel mengenai tipsinterviewkerja. Padahal, jika kebiasaan seperti ini dibiarkan, kamu akan terkena dampaknya cepat ataupun lambat. Akan sangat sulit untuk mengembangkan karir-mu jika kamu sudah dikenal sebagai orang yang tidak bisa diandalkan atau sulit berkomunikasi.

Karena itu, kami sudah menyediakan serangkai tips untuk kamu membalasemailHRD mengenai panggilaninterviewkerja. Ayoscrollke bawah lagi dan simak artikel berikut!

Kenapa saya harus membalasemailpanggilaninterview?

Salah satu kesalahan yang kerap dilakukan oleh para pelamar kerja adalah menganggap bahwaemailpanggilaninterviewdari HRD itu hanyaemailpengumuman yang tidak perlu dibalas. Padahal, tahap itu bisa disebut sebagai tahap awal dari wawancara itu sendiri,lho.

Dengan membalasemailpanggilaninterviewsecara sopan, HRD sudah akan bisa menilai karaktermu sebagai seseorang yang bisa menghargai orang lain. Selain itu, kamu juga bisa menunjukkan bahwa kamu memang benar-benar berniat untuk bekerja di sana.

Berikut adalah hal-hal yang harus kamu perhatikan ketika mendapatemailpanggilaninterview:

  1. Balas secepatnya dengan sopan

Ketika kamu menerimaemaildari HRD yang tertarik dengan lamaran pekerjaanmu, balaslah secepatnya. Idealnya, kamu harus membalas pesan tersebut dalam waktu 24 jam. Karena itu, cek inboxemail-mu secara berkala dan aktifkan pula notifikasi akunemail-mu di semua perangkat yang sering kamu bawa kemana-mana.

2. Gunakanemailuntuk membalas

Daripada melalui telepon atau SMS, akan jauh lebih profesional jika kamu membalasemailtersebut secara formal melaluiemailjuga. Menelepon langsung tanpa memberi kabar akan berisiko mengganggu HRD di waktu yang kurang tepat, sementara hanya mengirim SMS akan memberi kesan yang kurang baik terhadap profesionalitasmu sebagai seorang kandidat karyawan.

Jika waktu yang ditentukan HRD tidak sesuai dengan jadwalmu, kamu harus memberi kabar secepatnya. Ajukan tanggal dan waktu lain yang lebih sesuai dengan jadwalmu dan HRD. Dengan begini, kamu akan bisa menunjukkan bahwa kamu betul-betul berminat pada pekerjaannya.

Bagaimana jika kamu berubah pikiran dan tidak mengincar perusahaan itu lagi? Kamu tetap harus menghubungi perekrut sesegera mungkin untuk mengabari perubahan tersebut. Dengan begitu, perekrut juga akan bisa menghubungi kandidat lain secepatnya. Proses perekrutan membutuhkan waktu, uang, dan tenaga, baik bagi kamu ataupun perusahaan. Jadi, jangan sampai kamu menyia-nyiakan hal tersebut.

3.Ikuti format penulisanemailresmi

Mengirimemailsaja belum bisa sepenuhnya memperlihatkan profesionalitasmu. Jika formatemail-mu berantakan, impresi HRD terhadap kepribadianmu tetap saja tidak akan baik. Karenaemailini dibutuhkan untuk keperluan resmi, gunakan formatemailyang resmi pula.

Di bagian akhir artikel ini, kami sudah menyediakan contohemailyang bisa kamu gunakan sebagai referensi. Namun, simak dulu bagian setelah ini yang tidak kalah penting!

Langkah-Langkah MenulisEmailJawaban PanggilanInterviewKerja

Di dalamemailyang singkat ini, kamu harus bisa memperlihatkan pada HRD bahwa kamu adalah pribadi yang berdedikasi, profesional, serta bisa mengapresiasi orang lain. Memang terdengar sulit, tapi kamu akan bisa melakukannya dengan mengikuti 4 cara membalasemailHRD di bawah ini!

  1. Ucapkan terima kasih

Awaliemail-mu dengan ucapan terima kasih kepada perekrut atau HRD yang telah mempertimbangkan lamaranmu dan menjadwalkan wawancara. Hal ini merupakan tata krama dasar dan menunjukkan rasa hormatmu kepada mereka.

2. Ungkapkan maksudmu secara ringkas dan lugas.

Meskipun jawabaninterviewkerja melaluiemailmemang merupakan salah satu penilaian HRD, kamu tidak perlu menaruh detail yang tidak berhubungan denganinterviewyang akan datang dalamemailini. Justru, hal itu akan membuatmu terlihat seperti orang yang bertele-tele.

Tenang saja dan buatemail-mu singkat, padat, dan jelas. Langsung bahas mengenai jadwalinterviewyang akan datang. Apakah waktu yang diusulkan HRD cocok dengan jadwalmu? Jika tidak, beri alasannya secara singkat dan usulkan jadwal lain yang lebih sesuai untukmu.

Jika kamu berubah pikiran mengenai lamaran kerjanya, beritahu pula alasan pembatalanmu dengan ringkas. Jangan lupa untuk mengucapkan maaf kepada HRD perusahaan tersebut juga, ya!

3. Tanyakan informasi tambahan

Sebelum mengakhiriemail-mu, kamu bisa menambahkan pertanyaan mengenai informasi lain yang berhubungan dengan wawancara yang akan kamu hadapi. Misalnya, lokasi perusahaan, rute perjalanan, serta dokumen dan persyaratan lainnya yang harus kamu lengkapi.

4. Akhiri dengan terima kasih pula

Ucapkan terima kasih lagi kepada HRD yang–pada saatemailini diterima–sudah membacaemail-mu. Menunjukkan apresiasi seperti ini sangat penting untuk memberi kesan pertama yang bagus kepada perekrut.

ContohEmailJawaban PanggilanInterviewKerja

Untuk memperjelas gambaranmu mengenaiemailyang harus kamu tulis, berikut adalah beberapa contohemailyang bisa kamu jadikan referensi!

  1. Jawaban PanggilanInterviewKerja Jika Kamu Setuju dengan Jadwal yang Diusulkan HRD

Yth. (nama HRD),

Terima kasih untuk pertimbangan Anda atas lamaran kerja saya beserta kesempatan interview kerja yang telah diberikan.

Saya bermaksud untuk menginformasikan bahwa saya dapat hadir sesuai waktu dan lokasi yang ditentukan, yaitu pada [waktu dan lokasi interview yang ditentukan oleh HRD]. Saya sangat menantikan interview ini untuk mempelajari lebih lanjut mengenai posisi [nama posisi yang kamu lamar] di [nama perusahaan].

Jika ada informasi atau dokumen pelengkap yang perlu saya bawa ke sesi interview, mohon untuk menginformasikan saya di email ini sebelum pelaksanaan interview di waktu yang telah disesuaikan tadi. Terima kasih banyak untuk perhatian Anda.

Hormat saya,

(Nama)(Nomor telepon)

2. Jawaban PanggilanInterviewKerja Jika Kamu Kurang Setuju dengan Jadwal yang Diusulkan HRD

Yth. (nama HRD),

Sebelumnya, terima kasih banyak telah mempertimbangkan lamaran kerja saya dan memberi kesempatan interview. Saya sangat menantikan untuk bertemu Anda langsung dan membahas lebih lanjut mengenai posisi [nama posisi yang kamu lamar) di [nama perusahaan].

Saya bermaksud untuk mengabarkan bahwa, sayangnya, saya berhalangan hadir di tanggal yang telah Anda tentukan dengan alasan [alasan kamu perlu mengusulkan jadwal interview yang berbeda]. Jika Anda berkenan, saya ingin mengusulkan pergantian jadwal di waktu lain, yaitu pada [sebut tanggal dan waktu alternatif yang ingin kamu ajukan]. Jika waktu tersebut tidak cocok dengan jadwal Anda, saya bersedia untuk berdiskusi lebih lanjut mengenai waktu interview yang paling sesuai.

Besar harapan saya untuk bisa menghadiri interview ini. Karena itu, saya harap Anda dapat mempertimbangkan kembali jadwal interview kerja ini.

Selain itu, jika ada informasi atau dokumen pelengkap yang perlu saya bawa ke sesi interview, mohon untuk menginformasikan saya di email ini sebelum pelaksanaan interview di waktu yang telah disesuaikan tadi. Atas perhatian Anda, saya ucapkan terimakasih.

Hormat saya,

(Nama)(Nomor telepon)

3. Jawaban PanggilanInterviewKerja Jika Kamu Memutuskan untuk Tidak Melanjutkan Lamaranmu di Perusahaan Tersebut

Yth. (nama HRD),

Terima kasih banyak atas pertimbangan Anda mengenai lamaran kerja saya beserta undangan interview kerja yang telah diberikan.

Namun, setelah banyak pertimbangan, saya memutuskan untuk tidak melanjutkan lamaran kerja saya untuk posisi [nama posisi yang kamu lamar] di [nama perusahaan] dengan alasan [sebutkan alasan penolakan dengan singkat]. Karena itu, saya memohon maaf sebesar-besarnya.

Terima kasih atas kesempatan dan waktu yang telah Anda berikan.

Hormat saya,

(Nama)(Nomor telepon)

Ingat: kesan pertama sangatlah penting dalam proses lamaran kerja. Kunci suksesinterviewkerja adalah memperlihatkan dedikasi, profesionalitas, dan apresiasi. Jika kamu melakukanghostingterhadap HRD atau susah dihubungi, hal tersebut kemungkinan akan merusak reputasimu–tidak hanya di perusahaan yang kamughosting, tetapi juga perusahaan-perusahaan lain. Prospek kerjamu di masa depan akan sangat terpengaruh oleh itu. Karena itu, pastikan kamu selalu membalasemailpanggilaninterview, ya!

Siap untuk semakin sukses diinterviewberikutnya? Ayo lamar kerja melalui JobStreet yang #BebasDrama ! Jangan lupa untuk memperbarui profil JobStreet-mu, tambahkan pengalaman serta keterampilan kerja baru yang kamu dapatkan secara rutin, dan mulai cari pekerjaan yang tepat untukmu ! Unduh juga aplikasi JobStreet di App Store atau Play Store untuk mempermudah proses lamaran kerjamu kapan dan di mana saja. Jika kamu ingin tahu lebih banyak mengenai tren kerja terbaru dan tips karir lainnya, kunjungi Halaman Tips karir kami !

Tentang SEEK di Asia

SEEK adalah grup perusahaan, yang terdiri dari bisnis rekrutmen online, pendidikan, komersial dan nirlaba. SEEK memberikan kontribusi positif pada kehidupan orang banyak dalam skala global. SEEK terdaftar dalam Australian Securities Exchange, dan menjadi salah satu dari 100 perusahaan terbesar. Di Asia, SEEK beroperasi denganbrandJobStreet dan JobsDB, platform ketenagakerjaan terbesar di Asia dan pilihan utama bagi kandidat dan perusahaan. SEEK menarik lebih dari 500 juta kunjungan per tahun di enam pasar yang dioperasikannya, yaitu Hong Kong, Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand.

Tentang SEEK Limited

SEEK adalah grup perusahaan, yang terdiri dari bisnis rekrutmen online, pendidikan, komersial dan nirlaba. SEEK memberikan kontribusi positif pada kehidupan orang banyak dalam skala global. SEEK terdaftar dalam Australian Securities Exchange, dan menjadi salah satu dari 100 perusahaan terbesar. Pada tahun 2022, SEEK diakui sebagai salah satu dari Australia’s Top Ten Places to Work in Tech dalam penghargaan AFR BOSS Best Places to Work. Tahun ini, SEEK merayakan 25 tahun membantu warga Australia menjalani kehidupan kerja yang lebih memuaskan dan produktif.

More from this category: Interview pekerjaan

Telusuri istilah pencarian teratas

Tahukah Anda bahwa banyak kandidat yang menyiapkan resume dan meneliti suatu industri dengan menjelajahi istilah pencarian teratas?

Jelajahi topik terkait

Pilih bidang minat untuk menelusuri karier terkait.

Berlangganan Panduan Karir

Dapatkan saran karier dari ahli yang dikirimkan ke kotak masuk Anda.
Anda dapat membatalkan email kapan saja. Dengan mengklik 'berlangganan', Anda menyetujui Pernyataan Privasi Jobstreet.