2 Alasan Karyawan Berbakat Sering Resign

2 Alasan Karyawan Berbakat Sering Resign
Jobstreet tim kontendiperbarui pada 30 June, 2022
Share

Setiap perusahaan berlomba-lomba mendapatkan karyawan yang berkualitas dan berbakat. Hal tersebut tidak lain karena karyawan berbakat bisa berkontribusi tinggi bagi perusahaan dan pastinya memiliki car kerja yang baik dan bia diandalkan. Namun kenyataanya, banyak pegawai berbakat yang tidak bertahan laman disebuah perusahaan karena beberapa faktor yang tidak mendukung.

Padahal, para manajer di perusahaan dapat memotivasi para pegawai berbakat dengan memberikan apresiasi dan penghargaan. Cuma seringkali terdapat beberapa kesalahan yang dilakukan para manajer saat mencoba menunjukkan apresiasinya pada karyawan.

Konsultan Manajemen Bernard Marr dalam wawancaranya kepada Business Insider mengatakan, seringkali para atasan justru membuat para karyawan merasa tidak betah dan memutuskan untuk berhenti kerja. Ada dua alasan yang dia utarakan mengapa karyawan berbakat memutuskan untuk berhenti bekerja, berikut alasannya:

1. Hanya melihat hasil kerja pegawai

Usaha dan kerja keras para karyawan seharusnya menjadi sesuatu yang sangat penting. Sayangnya banyak atasan yang justru hanya fokus pada hasil kerja pegawai seperti proyek besar yang selesai tepat waktu atau penjualannya dalam jumlah sangat tinggi.

Apresiasi pada hasil kerja semata membuat para pegawai merasa usaha kerasnya selama ini tak dihargai. Para atasan seharusnya dapat mengawasi sekaligus mengapresiasi pekerjaan para karyawan saat mereka sedang mengerjakannya.

2. Menjadikan satu pegawai bak `superstar`

Jika Anda ingin menciptakan ruang kerja yang harmonis, tunjukkan perilaku yang adil pada seluruh karyawan. Jangan menjadikan satu orang sebagai karyawan andalan dan membuat pegawai lainnya tampak tak berguna.

Memberikan motivasi dan insentif pada karyawan harus dilakukan secara hati-hati agar jangan sampai satu orang tampak lebih diuntungkan. Terlebih lagi, jika banyak pekerjaan dilakukan secara kerja tim.

Jika Anda seseorang yang merasa seperti superstar dibandingkan pegawai lain, hati-hati, karyawan berbakat lain bisa dengan mudahnya mengajukan pengunduran diri.

More from this category: Kesejahteraan di tempat kerja

Telusuri istilah pencarian teratas

Tahukah Anda bahwa banyak kandidat yang menyiapkan resume dan meneliti suatu industri dengan menjelajahi istilah pencarian teratas?

Berlangganan Panduan Karir

Dapatkan saran karier dari ahli yang dikirimkan ke kotak masuk Anda.
Anda dapat membatalkan email kapan saja. Dengan mengklik 'berlangganan', Anda menyetujui Pernyataan Privasi Jobstreet.