10 Skills dari Magang untuk Bantu Siapkan Diri di Dunia Kerja

10 Skills dari Magang untuk Bantu Siapkan Diri di Dunia Kerja
Jobstreet tim kontendiperbarui pada 30 June, 2022
Share

Melihat kondisi sekarang ini, hampir seluruh mahasiswa merasakan proses belajar dari rumah. Tentu saja, penyebabnya adalah pandemi COVID-19 yang membuat berbagai aktivitas terpusat di rumah. Meskipun memiliki kekurangan dan kelebihan tersendiri, belajar dari rumah menyediakan waktu luang lebih untuk mahasiswa.

Sisi baiknya, hal ini jadi kesempatan emas bagi mahasiswa untuk mencari kegiatan lain dengan waktu luang tersebut. Menambah kegiatan di luar waktu belajar dengan magang memang bisa jadi hal yang menantang tapi, jangan salah, magang saat kuliah memiliki banyak manfaat untuk kamu pribadi.

Dengan melihat minat dan bakatmu, ada banyak pilihan magang atau pekerjaan paruh waktu yang fleksibel untuk mahasiswa. Saat magang, kamu juga bisa memperoleh beberapaskillsdengan magang atau bekerja saat kuliah. Yuk, simak alasan pentingnya magang saat kuliah danskillsapa aja yang bakal kamu dapatkan!

Kenapa pengalaman kerja saat kuliah itu penting?

  • Persaingan kerja yang lebih kompetitif

Mencari pekerjaan setelah lulus tanpa memiliki pengalaman bisa jadi membuatmu kesusahan nantinya. Hal itu bisa terjadi karena banyak lowongan pekerjaan yang mensyaratkan pemahaman di bidang tertentu.

Ditambah lagi, banyak mahasiswa yang mengisi waktu luang selama pandemi COVID-19 dengan melamar program untuk mahasiswa yang masih kuliah seperti mengikuti magang,volunteer, dan yang lainnya. Dengan begitu, mencari pekerjaan tetap setelah lulus kuliah akan menjadi lebih kompetitif dari biasanya karena banyakfresh graduatelain yang sudah memiliki beberapa pengalaman.

  • Pemahaman yang mendalam

Dengan magang atau bekerja saat kuliah, kamu bisa mendapatkan pengalaman kerja bernilai yang gak akan kamu dapatkan di kelas, lho. Kamu akan lebih paham alur kerja tersebut dan juga mendapatkanfeedbackbermutu dari rekan kerja atau atasan yang berpengalaman. Dengan pengalaman tersebut, kamu akan tahu kenyataan di lapangan untuk bidang tersebut.

  • Meningkatkanskills

Masukan dari atasan atau rekan kerja lainnya mengenai bidang tersebut akan membantumu mengasah keterampilanmu. Selama magang, kamu bisa mengevaluasi kelebihan dan kelemahanmu dengan bertanya, memperhatikan, dan mengambil langkah-langkah yang dapat membantumu untuk berkembang.

  • Memiliki CV yang lebih baik

Dengan pengalaman kerja yang relevan, tentu kamu akan memiliki CV yang menarik bagi perusahaan. Kamu bisa cek contoh CV mahasiswa yang masih kuliah sebagai referensi untuk menyusun CV-mu sendiri. Bahkan, kamu bisa menggunakan pengalaman bekerja saat kuliah untuk menjelaskan bahwa kamu adalah kandidat terbaik untuk posisi yang kamu lamar saat tahap wawancara.

  • Punya koneksi lebih awal

Selain pengamalan, nilaipluslainnya dari bekerja saat kuliah adalah memiliki koneksi sebelum lulus. Koneksi yang kamu milik i bisa membantumu mendapatkan pekerjaan setelah lulus dengan merekomendasikanmu untuk posisi tertentu. Di beberapa perusahaan, sistem referal bisa membantumu lebih mudah mendapatkan pekerjaan karena didukung dengan pengalaman baik seseorang saat bekerja denganmu.

Selain itu, tidak menutup kemungkinan kamu menjadi pegawai tetap, di tempat magang jika kamu memang bekerja dengan baik dan memiliki potensi bagi perusahaan. Oleh karena itu, tunjukkan keantusiasan, keingintahuan, dan semangatmu saat magang atau bekerja, ya!

Keterampilan berharga dari bekerja saat kuliah

Selama bekerja atau magang, kamu akan mendapatkan beberapaskillsberharga yang bisa bantu jenjang karirmu ke depannya saat mencari kerja setelah lulus nanti. Pekerjaan yang berhadapan dengan konsumen dan pekerjaan berbasis digital (freelanceatau penjualanonline)adalah jenis pekerjaan yang biasanya dilakukan anak kuliah. Berikut 10skillspenting yang bisa kamu dapatkan dari kedua jenis pekerjaan tersebut.

  • Pekerjaan yang berhadapan dengan konsumen

Kamu bisa mendapatkanskillspenting sebelum lulus kuliah dengan bekerja langsung dengan konsumen. Beberapa pilihan pekerjaan yang berhadapan dengan konsumen bagi mahasiswa adalah kasir, sales, barista, pramusaji, pengantar makanan, dan yang lainnya. Pekerjaan tersebut bisa dilakukan secara part-time ataufull-timedisesuaikan dengan pilihanmu. Lalu, apa ajaskillsyang bisa kamu dapatkan dari jenis pekerjaan ini? Berikut 5skillsyang akan kamu dapatkan.

  • Pelayanan konsumen

Melalui pekerjaan ini, kamu bisa mengembangkan keterampilan dalam menghadapi konsumen.Skillini bukan cuma bisa bantu kamu yang setelah lulus ingin melamar pekerjaan yang perlu menghadapi konsumen secara langsung, tapi juga untuk kamu yang ingin bekerja di perusahaan yang menawarkan produk atau jasa.

Selain itu, kamu bisa mengembangkan keterampilan lintas bidang(transferable skills), seperti cara mempersuasi konsumen, berempati, bernegosiasi, dan kemampuan mengatur emosi yang bisa membantu kamu menghadapi konsumen di pekerjaan selanjutnya.

  • Komunikasi

Kemampuan selanjutnya yang dapat kamu kembangkan dari pekerjaan yang berhadapan dengan konsumen adalah komunikasi yang baik. Hal ini sangat penting karena miskomunikasi bisa saja menyebabkan kerugian yang fatal dalam suatu pekerjaan.Skillkomunikasi yang baik bisa membantumu berkomunikasi secara efektif dengan kolega atau atasanmu nantinya.

Kemampuan ini juga dapat membantu kamu dan tim menghindari konflik yang akan menghambat pekerjaan. Dengan komunikasi yang baik, kamu dan tim juga dapat saling percaya dan memiliki hubungan yang baik satu sama lain.

  • Akuntabilitas

Selain keterampilan dalam menghadapi konsumen, pekerjaan ini juga melibatkan tanggung jawab untuk mengatur dan menyimpan hasil penjualan sehari-hari. Memiliki tanggung jawab juga dapat melatih integritasmu saat bekerja. Jika kamu berhasil menunjukkan integritas, ini bisa menjadi nilai bagi perusahaan untuk merekrutmu karena kamu memiliki akuntabilitas berdasarkan pengalaman tersebut.

  • Bekerja di bawah tekanan

Masalah bisa muncul kapan saja termasuk saat kamu bekerja dengan pelanggan. Saat konsumen atau pelanggan marah, inilah saat di mana kamu melatih dirimu untuk mengatur emosi dan memikirkan solusi yang tepat untuk konsumen tersebut. Latihlah terus hal ini dan mintalah masukan dari seniormu, supaya kamu semakin terbiasa dan performa kerjamu kedepannya jadi lebih baik.

Karena ini adalah satu keterampilan lintas bidang, bekerja di bawah tekanan bisa jadi nilai tambah buatmu saat mencari pekerjaan setelah lulus terutama di lingkungan kerja yang cepat berubah.

  • Penyelesaian masalah yang kreatif

Menangani masalah konsumen yang disebutkan di atas juga bisa melatih kamu menemukan penyelesaian masalah (problem solving)yang kreatif, lho. Keterampilan ini juga bisa membantumu di pekerjaan selanjutnya dengan memberikan solusi yang efektif saat pengambilan keputusan diperlukan.

  • Pekerjaan berbasis digital (freelancedan penjualanonline)

Selain pekerjaan yang berhadapan dengan konsumen, pilihan jenis pekerjaan lain yang bisa dilakukan oleh mahasiswa adalah freelance atau penjualanonline. Beberapa contoh pekerjaan ini adalahfreelance penulis cerita, desainer grafis, social media marketing , desainer web, dan lain-lain. Denganfreelanceatau berjualanonline, kamu bisa mendapatkan 5skillsberharga berikut.

  • Membangun merek (brand development)

Salah satu hal yang dapat dipelajari saat bekerjafreelancedan penjualanonlineadalah penyajianbrand. Membangun citra (branding)untuk suatu produk atau jasa adalah langkah awal untuk memikat target konsumen yang tepat.

Kemampuanbrand developmentakan membantu produk atau jasamu dikenal oleh banyak orang. Ini juga bisa meningkatkan peluang penjualan produk atau jasamu. Dalammarketing, nama bisnis atau merek, desain logo, danvisualweb juga penting untuk membuat citrabrandyang kuat dan dipercaya. Selain untuk barang atau jasa, kemampuan ini juga bisa digunakan untukpersonal branding.

  • Pemasaran web

Dengan adanya internet, semua orang bisa mencari produk yang dibutuhkan hanya dengan mengetik beberapa kata kunci. Dengan memahami pemasaran web, kamu bisa membantu calon pelanggan untuk menemukan situs kamu saat mereka sedangbrowsing.Selain caramarketingmelalui web, cobalah juga untuk mengekspor lebih jauh tentang pelajarilah juga pengelolaan web, dan desain web. Kamu juga bisa menerapkan kemampuanbrandingdi poin pertama di web yang sedang kamu bangun.

  • Keterampilan berwirausaha

Keterampilan berwirausaha juga bisa didapatkan dari pengalaman bekerjafreelancedan berjualanonline. Dengan memulai bisnis sendiri, kamu bisa mengasah keterampilan dasar dalam berbisnis, mulai dari pengembangan produk atau jasa, penentuan harga, penjualan,branding,marketing, komunikasi dengan pelanggan, dan logistik.

Selain itu, keterampilan berwirausaha bisa membantu kamu mengidentifikasi antara peluang dan risiko.

  • Menjaga kepuasan pelanggan

Menjaga kepuasan pelanggan sambil mengatur waktumu bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Namun, hal ini penting untuk dilatih agar mereka tidak kecewa danbrandyang kamu bangun tetap baik di mata konsumen.

Kamu bisa memulai dengan memahami target konsumen, kebutuhan mereka, dan memintafeedbackdari mereka. Ketika kemampuan ini kamu dapatkan dan terus diasah, akan lebih mudah bagimu untuk tauprojectatau permintaan konsumen mana yang akan kamu terima sehingga kamu tetap bisa menyeimbangkan bisnis dan kegiatan kuliahmu.

  • Manajemen waktu

Salah satu tantangan darifreelancedan berjualanonlineadalah mengatur waktu. Dalam pekerjaan tersebut, kamu satu-satunya yang memutuskan kapan dan jumlah pekerjaan yang akan dikerjakan setiap harinya. Walaupun sambil bekerja paruh waktu, jangan lupakan tanggung jawabmu di perkuliahan. Seimbangkanlah waktu antara bekerja dan kuliah, karena kemampuan manajemen waktu yang baik akan selalu berguna di dunia kerja.

Itulah 10 keterampilan yang akan kamu dapatkan dari magang saat kuliah. Magang atau bekerja paruh waktu saat kuliah sangat bermanfaat untuk membantumu mempersiapkan diri dan bersaing di dunia kerja. Kamu juga akan lebih percaya diri untuk terbuka ke berbagai kesempatan lainnya di masa depan dan mengembangkan karirmu.

Ada banyak lowongan pekerjaan untuk mahasiswa yang masih kuliah di JobStreet. Jadi, gak usah ragu lagi, yuk perbarui profil akun JobStreet sekarang untuk daftar magang atau freelance di bidang yang kamu minati! Kamu juga bisa mengikuti kursus dari JobStreet atau membaca tips karir untuk mengisi waktu luangmu saat pandemi dengan mengunduh JobStreet di Google Play Store atau Apple App Store sekarang.

Di JobStreet kami selalu berupaya mengantarkan pekerjaan yang bernilai untuk Anda. Sebagai Partner Karir, kami berkomitmen membantu pencari kerja menemukan passion dan tujuan dalam setiap langkah karir. Sebagai Partner Talent nomor 1 di Asia, kami menghubungkan perusahaan dengan kandidat tepat yang dapat memberikan dampak positif dan berkualitas kepada perusahaan.

Temukan pekerjaan yang bernilai untuk Anda. Kunjungi JobStreet hari ini.

Tentang SEEK Asia

SEEK Asia, gabungan dari dua merek ternama Jobstreet dan jobsDB, adalah portal lowongan pekerjaan terkemuka dan destinasi pilihan untuk pencari dan pemberi kerja di Asia. Kehadiran SEEK Asia menjangkau 7 negara yaitu Hong Kong, Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina dan Vietnam. SEEK Asia adalah bagian dari SEEK Limited Company terdaftar di Bursa Efek Australia, portal lowongan pekerjaan terbesar di dunia berdasarkan kapitalisasi pasar. SEEK Asia dikunjungi lebih dari 400 juta kali dalam setahun.

Tentang SEEK Limited

SEEK adalah grup perusahaan yang beragam, dengan portofolio yang kuat  yang mencakup usaha lowongan pekerjaan daring , pendidikan, komersial dan relawan. SEEK hadir secara global (termasuk di Australia, Selandia Baru, Cina, Hong Kong, Asia Tenggara, Brazil dan Meksiko), yang menjangkau lebih dari 2,9 miliar orang dan sekitar 27 persen PDB global. SEEK memberikan kontribusi positif kepada orang-orang dalam skala global. SEEK terdaftar dalam Bursa Efek Australia, yang menempatkannya sebagai 100 perusahaan teratas dan telah diperingkat sebagai 20 Perusahaan Paling Inovatif oleh Forbes.

More from this category: Melamar pekerjaan

Telusuri istilah pencarian teratas

Tahukah Anda bahwa banyak kandidat yang menyiapkan resume dan meneliti suatu industri dengan menjelajahi istilah pencarian teratas?

Jelajahi topik terkait

Pilih bidang minat untuk menelusuri karier terkait.

Berlangganan Panduan Karir

Dapatkan saran karier dari ahli yang dikirimkan ke kotak masuk Anda.
Anda dapat membatalkan email kapan saja. Dengan mengklik 'berlangganan', Anda menyetujui Pernyataan Privasi Jobstreet.